Injeksi Honda Vario 125 dan 150 Bermasalah, Berebet Parah, Ngempos dan Mati - Mati

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog dan channel yang mengupas tentang sepeda motor. Mulai dari review, tips trik, tutorial bongkar pasang, problem pada motor – motor injeksi dan masih banyak lainnya. Kesempatan kali ini kita akan ngomongin masalah yang sering dialami oleh para pengguna Honda Vario 125 dan Vario 150 yang berebet parah, ngempos dan mati – matian. Berebet parah disini terjadi pada saat awal gas, jadi motor terasa ngempos seperti telat bensin dan ngga ada tenaganya. Tapi terkadang secara tiba – tiba tenaga motor ada kembali, hal ini sangat berbahaya bagi keamanan dan kenyamanan berkendara bro…

Apa Penyebab Honda Vario 125 dan 150 Berebet Seperti Telat Bensin 

Secara garis besar penyebab dari Honda Vario 125 dan 150 berebet seperti telat bensin ada 2 penyebabnya yaitu, fuel pump mulai lemah / rusak dan TPS / TP Sensor mengalami kerusakan. Itu secara garis besarnya atau yang biasa terjadi pada Honda Vario 125 dan Vario 150, tapi kedua masalah ini sebenarnya hal yang biasa bagi motor injeksi entah itu Beat, Mio dan lain – lainnya. Berhubung kita lagi membahas Vario jadi balik lagi ke motor ini, ngga usah merembet ke motor lain dulu ya bro…

Berebet atau ngempos alias hilang tenaga bisa terjadi saat RPM bawah dan RPM atas, atau malahan bisa pada semua posisi RPM. Nah jika motor Vario lo terjadi berebet / hilang tenaga saat awal gas, ya bisa dikatakan RPM bawah maka kemungkinan penyebabnya karena lemahnya pompa bahan bakar / fuel pump. Pompa bahan bakar / pompa bensin lemah disebabkan karena usia pakai dan adanya penyumbatan pada filter udara, maka dari itu untuk meminimalisir adanya kerusakan pada pompa bahan bakar lakukan pembersihan dan penggantian filter bahan bakar setiap 24.000 km sekali.

Tapi kalau pompa bahan bakar yang rusak maka solusinya dengan menggantinya dengan part yang baru, untuk harga jual pompa bahan bakar biasanya dibandrol sekitar Rp 540 ribu. Wow … kan bro, tenang untuk mengatasi hal tersebut masih ada cara lain yaitu dengan mengganti rotak / presure regulator. Tapi pada tahu ngga ini apa itu rotak / presure regulator ??, rotak bisa disebut juga sebagai mesin dari pompa bahan bakar / pompa bensin. Harga rotak sendiri biasanya dibandrol sekitar Rp 100 ribu, tapi sayangnya untuk rotak ori bawaan pabrikan lumayan susah dicari. Dan yang paling banyak beredar dipasaran biasanya rotak after market, untuk masalah kualitas ya untung – untungan bro… Tergantung  merk barang yang lo beli, jujur dipasaran banyak banget merk yang membuat rotak / presure regulator.

Cara Mengukur Tekanan Pompa Bensin Pada Motor Injeksi

Untuk mengetahui pompa bahan bakar / fuel pump motor injeksi dalam kondisi baik apa tidak harus menggunakan alat, alat ini menunjukan berapa besar tekanan bahan bakar ddalam satuan Kpa dan Psi. Tekanan pompa bensin standar dari motor injeksi sekitar 300 Kpa  40 Psi, dengan batas minimal sekitar 270 Kpa. Jadi kalau tekanan pompa bensin motor lo dibawah angka 250 Kpa atau bahkan 100 Kpa, bisa dipastikan motor lo bakalan berebet, ngempos, telat bahan bensin, mati – matian dan hilang tenaga.
Nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini, tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro… ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini supaya berkembang menjadi lebih baik lagi..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex ddan salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

0 Komentar