Kelebihan Serta Kekurangan Honda CRF150L, dari Komstir yang Goyang dan Seret

Salam oprex dan salam satu asphal, balik maning (balik lagi) diblog otomotif roda dua yang paling kece dan bukan kaleng – kaleng he…. Kali ini kita akan ngomongin masalah pada Honda CRF150L atau Verza modif, wak… waw… becanda bro jangan baper. Honda CRF150L salah satu motorsport Honda yang laris – manis, bahkan untuk meminang motor ini para calan owner harus menunggu berbulan – bulan karena stocknya yang biasanya kosong alias ngga ada di dealer Honda. Biasanya kalau calon ownernya ngga betah dan ngga sabar, dia akan berpaling ke CBR150R atau mungkin ke tetangga sebelah he…

Kelebihan Honda CRF150L


Body Kekinian

Kalau boleh jujur ini motor sangat manis dan ngga perlu banyak ubahan atau modifikasi, cukup melapas sparkboard belakang maka tampilannya akan langsung berubah total. Apalagi kalau ditambahin knalpot racing, rubah ukuran velg ring 17 inchi, decal diseluruh body CRF150L, pokoknya anjay… keren bro.. Rasanya pingin punya tapi ya lumayan mehong, selain itu bobotnya yang ringan membuatnya gampang untuk melibas beragam trak.

Hemat Bahan Bakar

Masalah irit bahan bakar  ? jelas motor ini irit jika dibandingkan dengan motor karburator. Kok bisa irit ? Sebabnya karena sistem pengkabutan bahan bakar dilakukan secara otomatis sesuai input sensor – sensor sistem injeksi. Jadi jumlah bensin /  bahan  bakar akan sesuai dengan kebutuhan putaran mesin, entah putaran tinggi dan putaran  rendah. 

Bobot yang Ringan  

Ringan buat manufer saat berkendara, Honda CRF150L yang mempunyai bobot 122 kg memang dibuat untuk para pecinta adventure alias tukang gasruk tanah he… he… bukan bajak sawah ya bro. Hal ini diperkuat dengan tipe ban depan dan belakang yang menyelimuti velg ring 21 inchi pada bagian depan dan ring 18 inchi pada bagian belakang.
Dengan volume ruang bakar 149,15 cc yang mempunyai diameter piston 57,3 mm dan panjang langkah 57,8 mm. Hal ini menghasilkan daya  maksimum 9,51 kw dan torsi maksimum 12,43 newton, jika dibandingkan dengan saudara dekatnya Honda Verza maka torsi dari CRF150L lebih besar sedikit. Selain itu Honda CRF150l juga memakai throttle body yang identik dengan Honda New CBR150R led, yang menggunakan sensor unit.

Shock Upside Down

Shock depan memakai jenis upside down, sehingga kesan kekar sangat menonjol jika dilihat dari bagian depan. Tapi perlu diketahui shock depan jenis upside down mempunyai harga lumayan mahal, maka jangan terlalu jorok saat memakai Honda CRF150L.

Kekurangan Honda CRF150L


Mesin Kasar

Banyak sekali para biker CRF150L yang mengeluhkan suara mesin Honda CRF150L kasar, memang karakter dari Honda CRF150L mempunyai suara mesin yang kasar. Sebab kontruksi mesin dari Honda CRF150L tidak menggunakan balancer untuk meredam getaran mesin dari CRF150L, selain itu jumlah peer / pegas klep Honda CRF150L berbeda dengan Honda Verza 150 yang suaranya lebih adem jika diantara kedua motor tersebut.

Komstir 

Perlu para bro ketahui, komstir Honda CRF150L menggunakan komstir bambu, maksudnya yaitu komstir dengan bearing bambu. Kelebihan komstir ini mudah dan presisi saat pemsangannya pada sepeda motor, tapi untuk sisi kekurangannya untuk menyetel komstir ini cendrung susah jika dibandingkan dengan komstir peluru baja pada umumnya.

Susuna komstir Honda CRF150L dimulai dari lapisan bawah yaitu seal debu, bearing bambu, mangkok komstir. Sedangkan untuk komsir bagian atas dimulai dari mangkok komstir, bearing bambu dan ditutup dengan seal debu, fungsi seal debu disini untu mencegah airr dan kotoran debu masuk kedalam beraing bambu. Sehingga bearing bambu menjadi cepat rusak, sayangnya untuk seal debu bagian atas tidak ditutup kembali dengan stelan komstir seperti Honda CBR250RR.

Nah, untuk mengatasi stelan komstir Honda CRF150L yang hanya berbentuk mur biasa bisa menggunakan stelan komstir GN5 yang biasanya dipakai pada motor matic dan bebek Honda. Masalah harga stelan komstir GN5 sendiri biasanya dibandrol sekitar Rp 50 ribu tergantung bengkel yang menjualnya. Biar lebih jelasnya tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo mendukung dan membantu gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu...

Posting Komentar

0 Komentar