Ukuran Kunci dan Cara Mengganti Kanvas Rem Belakang Honda Vario 125 dan Vario 150


Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, ganti kanvas rem belakang memang terlihat sangat mudah tapi ada beberapa yang harus diketahui saat penggantian kanvas rem belakang Honda Vario 125 dan Vario 150. Nah, pada artikel kali ini kita akan ngomongin biaya ganti kanvas rem belakang, ukuran kunci yang digunakan saat mengganti kanvas rem belakang dan cara mengganti kanvas rem belakang yang benar. Karena saat penggantian kanvas rem belakang terutama motor matic yang menggunakan rem teromol, tidak memperhatikan as dan paha rem belakang sehingga setelah penggantian kanvas rem belakang. Rem teromol belakang macet atau ngga mau balik ke kondisi semula, dari pada lo kejadian seperti ini maka baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini sampai selesai, tapi sebelumnya bantu gua dengan subscribe channel ini. Ingat bro, subscribe itu gratis dan tidak bayar sama sekali he… he...

Ukuran Kunci Roda Vario 125 dan Vario 150


Untuk mengganti kanvas rem belakang Honda Vario 125 dan 150 memerlukan beberapa kunci diantaranya kunci L5, tang biasa, T10, T14 dan kunci shock atau ring 24 mm. Sebenarnya ukuran kunci ini bisa digunakan untuk mengganti semua kanvas rem belakang matic Honda yang menggunakan rem teromol. Jadi kalau mau mengganti kanvas rem belakang Honda Beat dan Scoopy bisa menggunakan kunci – kunci ini.

Harga Ganti Kanvas Rem Belakang Honda Vario 125 dan Vario 150


Ngomongin masalah harga balik lagi ke spare part yang dipakai original atau kw, jadi intinya harga bawa rupa barang. Tapi yang perlu diperhatikan adalah aspal yang terlihat asli ternyata palsu, lah ini yang harus lo pertimbangkan saat membeli spare part. Untuk harrga kanvas rem belakang sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp 56 ribu, sedangkan ongkos bongkar pasangnya sekitar Rp 20 ribu.

Tapi kalau lo mau mencoba mengganti kanvas rem belakang pada Honda Vario 125 dan Vario 150. Bisa langsung diparaktekan dengan menonton video dibawah ini bro… tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu. Karena susbcribe itu gratis lo ngga bayar dan itung – itung lo bantuin channel ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.


Cara Ganti Kanvas Rem Belakang Honda Vario 125 dan Vario 150


Langkah pertama yang harus lo lakuin adalah melepas mur 10 pada leher knalpot, jika lo menggunakan kunci T10 biasa dan tidak dimodifikasi. Lo bisa meminta bantuan orang untuk memiringkan Honda Vario lo, dengan kondisi standar samping. Dan posisi miringnya sebelah kanan / kanlpot harus tinggi, tapi jika lo menggunakan kunci T10 yang dimodifikasi seperti pada video dibawah ini maka lo bisa melakukannya sendirian.

Langkah selanjutnya lepas 3 baut 14 mm yang mengunci antara knalpot dengan swing arm, jika semua baut 14 mm sudah terlepas maka knalpot akan copot. Hati – hati jangan sampai kaki kejatuhan knalpot dan perhatikan pula paking knalpot, apakahmasih tertempel dimesin atau malah tertempel di knalpot. Pada intinya jangan sampai paking knalpot hilang, karena untuk mencarinya dibengkel – bengkel lumayan susah.

Kemudian lepas mur pengunci rooda dengan menggunakan kunci ring 24 mm atau kunci shock 24 mm, setelah itu lepas 2 baud swing arm dengan menggunakan kunci T14 mm.

Tarik keluar swing arm dan perhatikan posisi bosh swing arm tersebut karena saat pemasangan biasanya terbalik sehingga roda belakang seret dan berbunyi.

Gunakan kunci L5 untuk melepas cover mesin supaya roda belakang bisa dikeluarkan, karena posisi cover tersebut menghalangi roda belakang saat dikeluarkan.

Setelah roda belakang terlepas maka tarik keluar kanvas belakang dengan menggunakan obeng plus atau obeng min, agar tangan lo tidak lecet dan terluka terkena bagian tepi dari kanvas rem.

Selanjutnya bersihkan lepas tuas dan as rem belakang caranya dengan melepas mur 14 pada bagian kebel rem belakang dan baud 10 mm. Sebelum melepasnya perhatikan posisi pegas / peer rem belakang, jangan sampai terbalik saat memasangnya karena rem belakang bisa tidak balik atau berfungsi dengan benar.

Tujuan mencuci as dan tuas rem (paha rem) adalah untuk mengantisipasi rem belakang yang terkunci atau seret. Sebab seringkali setelah beberapa minggu penggantian kanvas rem, rem belakang akan seret.

Saat melepas as dan tuas rem perhatikan tanda titik pada masing – masing kedua part tesrebut, karena pemasangan yang salah akan membuat stelan rem menjadi berubah. Selain itu tanda titik yang salah akan membuat pemasangan as dan tuas rem menjadi susah dan harus dipakasakan.

Nah biar lebih jelasnya tonton video berikut ini dan jangan lupa subcribe terlebih dahulu ya bro…





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya ijin re-write tulisan ini di blog saya yah bos unrang.com

    BalasHapus
  2. Bwat buka mulut knalpotnya yang kuci t10 ukuran pendek bisa gx ya gan
    Kunci T10 panjang 9cm tolong jawab??

    BalasHapus