Biaya Ganti Komstir di AHASS, Untuk Motor Honda Beat 110, Vario 125, CB150R Sampai CBR250RR

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi di blog otomotif yang kaleng – kaleng ini tapi bukan kaleng rrombeng ya bro.. Kesempatan ini kita akan ngomongin berapa sih biaya ganti komstir / kones di AHASS ? Dan kode komstir Honda CBR250RR, serta berapa biayanya ganti komstir Honda CBR250RR ?. Pada artikel ini kita akan sedikit lebih condong membahas Honda CBR250RR, karena untuk komstir / kones motor lain seperti Vario 125 & 150, Beat dan CB150R sudah sering kita bahas. Dari persamaan kode jumlah pelor / peluru bajanya, tapi belum menyerempet ke biaya / ongkos penggantian komstir di AHASS (Astra Honda Autorized Service Station) selaku bengkel resmi Honda Motor.

Ngomongin ongkos penggantian komstir / kones pada sepada sepeda motor sebenarnya ngga bisa digebug rata, ya .. walaupun dalam satu jaringan bengkel resmi, tapi kebijakan dari Maindealer dan Bengkel dalam satu wilayah dengan wilayah lain berbeda – beda. Perbedaan ini bisa meliputi jasa dan penggunaan grease atau gemuk alias pelumas padat, ada bengkel yang menggunakan grease biasa dengan merk ular atau grease lainnya. Masalah jasa juga sangat beragam, hal ini juga tergantung dengan jenis motor yang dilakukan penggantian komstir. Semakin sulit pengerjaan penggantian komstir motor tersebut, biasanya biaya penggantian komstir akan lebih mahal.

Nah untuk lebih jelasnya berikut estimasi penggantian komstir dibengkel AHASS, harga dibawah ini bisa berbeda pada setiap wilayah. Tapi sebelumnya gua mau minta bantuannya bro, dibawah ini ada video penggantian komstir. Jangan lupa subscribe channel dibawah ini dan silahkan tinggalkan komen like dan sharenya, ya itung – itung lo bantuin gua, agar channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Biaya Ganti Komstir atau Kones di Bengkel AHASS


Biaya Ganti Kones Bebek dan Matic

Komstir asli GN5 harga Rp 98.000
lho kok mahal bro, kita lagi ngomongin komstir asli bukan aspal yang bukusnya saja sama plek njiplek (ngga ada bedanya), tapi kualitas dan presisi sparepartnya tanda tanya besar. Harga diatas sesuai dengan HET (harga eceran tertingi) yang dikeluarkan oleh AHM selaku ATPM Honda Motor di Indonesia. Jadi kalau ada yang menjual komstir dengan harga sekitar Rp 50 ribu atau dibawahnya maka kemungkinan besar part yang lo beli  kaleng – kaleng. Efeknya dimana ? Yaitu saat pemasangan dan penyetelan komstir, karena biasanya komstir kaleng – kaleng akan susah dipasang dan disetel.

Grease komstir bisa pakai grease CVT, tapi grease CVT lumayan mahal dan biasanya dibandrol sekitar RP 20 ribuan. Sebenarnya pabrikan Honda menganjurkan untuk menggunakan grease EXCELIGH EP2 yang dibuat oleh KYODO YUSHI, Japan. Atau bisa memakai Shell ALVANIA EP2, tapi apa mau dikata bro. Mencari grease seperti spesifikasi diatas lumyan susah, jadi alternatifnya bisa memakai grease CVT dan grease tipe Heavy Duty atau sejenisnya.

Ongkos Bongkar pasang komstir dibengkel resmi Honda atau AHASS biasanya dibandrol sekitar Rp 70 – 100 ribu, untuk tipe bebek dan matic.

Biaya Ganti Kones Tipe Sport atau Batangan dibawah 250 cc

Komstir KTR dan 041-010 adalah kode komstir pada motor Honda untuk tipe sport, yang membedakan dari kedua komstir tersebut adalah komstir 041-010 digunakan untuk komstir motor spaort keluaran lama. Sementara komstir KTR digunakan untuk motor sport generasi terbaru dimulai dari generasi New Megapro karbu. Untuk kedua komstir ini kita akan menggabungkan estimasi biaya penggantian komstirnya, untuk artikel jenis kode komstir motor Honda silahkan cek pada artikel yang lainnya.

Tipe motor yang termasuk motor sport yang dibawah 250 cc yaitu, CBR150R, CB150R, Verza, CB150Verza, Megapro, Tiger, kecuali CRF150L. Kenapa CRF150L tidak masuk dalam jenis motor ini ?, sebab harga komstir CRF150L sekitar Rp 800 ribu , sementara untuk motor – motor yang gua sebutin diatas harganya sekitar Rp 100 ribuan.

Grease kadang masuk dalam part penggantian komstir, tapi ada juga yang memakai grease biasa yang bisa digunakan untuk banyak motor. Dan biasanya kalau ganti komstir memakai grease tersebut tidak akan ditambahan ke biaya sparepart, jadi hanya perlu membayar ongkos bongkar pasang dan sparepart komstir tersebut.

Ongkos bongkar pasang penggantian komstir di AHASS untuk tipe motor tersebut  dibandrol dengan harga sekitar Rp 100 – 150 ribu, ini estimasi. Jadi bisa lebih murah atau malah lebih mahal, karena ongkos penggantian tersebut digunakan untuk JABODETABEK.

Biaya Ganti Komstir CBR250RR

Harga komstir CBR250RR ini lumayan mahal jika dibandingkan dengan komstir dari motor – motor matic dan sport 150 dan menurut gua mahal banget. Jika komstir / kones pada motor – motor diatas dijual satu set yang berisi 4 mangkok komstir dan 1 bungkus peluru baja. Sedangkan untuk motor CBR250RR dijual terpisah atau satuan, selain itu komstir Honda CBR250RR berbeda dengan komstir motor diatas. Nah, biar lebih jelasnya berikut kode part dan harga komstir Honda CBR250RR.

Kodepart Nama Part Harga
53213MB4771 Dust Seal Stering 20.000
53214371010 Seal Head Dust 87.000
91015KT8005 Bearing Head Pipe Upper 247.000
91016KT8005 Bearing Rad NN/com 267.000     

Ongkos penggantian komstir Honda CBR250RR sekitar Rp 150 -200, nah biar lebih jelasnya tonton video berikut ini sampai selesai ya bro dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati apara pejalan kaki, salam soprex dan salam satu asphal. 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. 70-100k itu beli sparepart komstir sekligus masangnya,

    Atau 70-100k itu hanya memasangnya saja.. komstir nya beda lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkk.. Pengen Murah.. beli pasang sendiri mas gan 😂

      Hapus
  2. Mending masang sendiri asal peralatan lengkap dan tau caranya, hasilnya tidak pernah bohong

    BalasHapus
  3. Crf 800??lebih bagus perbaiikin sendiri

    BalasHapus