Cara Pasang Serta Kode Bearing Gear Box Rasio atau Transmisi Honda Vario 125 & 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, bearing rasio atau kadang disebut sebagai bearing gearbox pada Honda Vario 125 dan 150 sering kali mengalami kerusakan. Entah menjadi sumber suara kasar pada transmisi atau menjadi penyebab roda belakang seret karena bearing roda belakang Vario 125 & 150 pecah. Penyebab dari kerusakan tersebut bisa karena usia pakai atau oli gardan bercampur dengan air banjir, air hujan, dan air cuci steam. Akibat dari oli gardan yang bercampu air akan membuat oli gardan berwarna putih seperti susu, jika kondisi tersebut tidak diketahui oleh pemiliknya sehingga tidak segera dilakukan penggantian dan pengurasan oli gardan.



ukuran bearing gear box vario



Jika oli gardan yang berwarna putih susu tersebut tidak segera diganti atau bisa dikatakan tidak diketahui kondisinya oleh biker tersebut, jangka panjangnya oli gardab akan berwarna kecoklatan karena karat, untuk mengatasi hal ini solusinya dengan mengganti seluruh bearing dan gear rasio yang ada didalam gear box atau rasio alias transmisi. Berapa biaya totalnya bro ? Untuk mengganti bearing dan gear transmisi bisa menghabiskan dana sekitar Rp 800 ribuan. Jika menggunakan sparepart original / asli bawaan motor.

Apa bisa lebih murah jika memakai sparepart KW dan After Market ? Jelas bisa bro, karena ukuran bearing rasio Honda Vario 125 dan Vario 150 lumayan cukup banyak beredar dipasaran. Tapi saran gua gunakan bearing yang bagus dan sesuai spesifikasi bearing rasio bawaan dari motor tersebut, kenapa harus sesuai dengan bearing bawaan motor ?. Karena posisi bearing rasio berada didalam gear box, terendam oli gardan dan mempunyai kinerja yang berat. Tapi terkadang para biker menggunakan bearing roda sebagai bearing rasio, apakah ini

Kode Bearing Gear Box Honda Vario 125 dan Vario 150 


Perlu diingat ada perbedaan antara bearing roda dengan bearing mesin, perbedaan itu bisa meliputi celah beraing / ground clearence dan sisi pelindung bearing. Karena pada prakteknya banyak sekali yang memasang bearing roda dibagian mesin, karena bearing mesin lumayan susah mencarinya dan lumayan mahal bisa 2 kali lipat harga bearing roda. Apakah hal ini diperbolehkan ? Tentu saja boleh karena bukan motor gua dan bukan pula gua yang pasang he…. Berikut kode bearing gear box rasio atau gardan alias trasmisi pada motor Honda Vario 125 dan Vario 150, check it dot..

Bearing roda belakang Honda Vario 125 dan 150 mempunyai kode 6205 dengan 2 pelindung sil plastik.
Bearing As driven face / as pulley belakang mempunyai kode TMB 204 atau 6204.
Bearing gear box rasio mempunyai kode 6301, 6302, 6201 dan 6202.

Cara Melepas Bearing Gear Box Rasio / Gardan Honda Vario 125 dan Vario 150

Untuk melepas dan memasang bearing gardan atau gear box rasio pada Honda Vario 125 dan  Vario 150 lumayan susah, karena posisi 4 bearing tersebut langsung menempel block crankcase. Ada banyak cara untuk melepas bearing yang berada di gear box transmisi, mulai dari pakai las listrik, traker inner bearing, kertas yang dibasahin kemudian dimasukan ke sele – sela bearing dan masih banyak lagi. Nah biar lebih jelasnya tonton video berikut ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya pada video ini.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu… 

Posting Komentar

1 Komentar