Keteng Kendor yang Menyebabkan Klep Bengkok dan Piston Jebol

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, keteng / kamprat, tensioner, klep dan piston adalaha komponen utama pada motor 4 langkah. Adanya kerusakan pada komponen – komponen tersebut maka akan sangat berdampak pada performa motor. Dampak yang paling ringan yaitu adanya suara kasar pada mesin, sementara dampak yang paling berat motor mogok dan perlu dilakukan bongkar mesin. Sebelum kita ngomong lebih jauh lagi, gua mau minta bantuan lo supaya subscribe channel dan blog ini, agar lo ngga pernah ketinggalan informasi terbaru dari blog dan channel ini.

Keteng Kendor dan Aus

Kamprat atau keteng yang kendor bisa disebabkan karena usia pakai dan lemahnya lifter assy tensioner yang membuat keteng kendor. Biasaya kalau kondisi keteng kendor dan aus akan timbul suara pada bagian sisi kiri mesin sepeda motor. Memang ada beberapa sepeda motor yang posisi ketengnya berada disebelah kanan, jadi hal ini bukan menjadi patokan utama.
Untuk mengetahui gejala apakah keteng kendor dan aus bisa dirasakan saat mesin dihidupkan pada pagi hari atau dengan kata lain saat kondisi mesin masih dingin. Suara mesin akan bebunyi tek – tek, tapi saat mesin sudah mulai panas suara mesin yang bunyi kasar perlahan hilang. Tapi kalau kondisi ketng usah sangat aus maka entah mesin kondisi dingin dan panas, suara mesin akan tetap kasar.

Akibat Terberat dari Keteng yang Kendor

Jika kondisi keteng sudah aus dan kendor tapi tidak segera dilakukan perbaikan maka akan mengakibatkan keteng loncat atau geser. Yang dimaksud geser dan lompat disini yaitu lompatnya keteng dari gear sentrik, jika geser cuman 1 mata biasanya akan berdampak pada pengapian motorr. Motor menjadi berebet dan susah dihidupkan, tapi kalau bergeser lebih dari 1 mata maka kemungkinan besar klep dan piston akan bertambrakan. Kalau sudah bertabrakan kemungkinan besar klepnya bengkok dan pistonnya jebol, atau hanya salah satu part saja yang rusak.   

Pengaruh Klep  Bengkok dan Bocor Pada Sepeda Motor

Klep yang bocor dan bengkok akan membuat mesin los kompresi dan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Karena salah satu faktor hidupnya mesin sepeda motor yaitu bahan bakar, udara, pengapian dan kompresi. Faktor kompresi ini yang terdapat pada mesin, solusi untuk mengatasi lost kompresi harus melakukan bongkar mesin dan mengganti komponen penyebab lost kompresi. Nah biar lebih jelasnya tonton video ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro… ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini supaya berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar