Penyebab Rem Belakang Motor Matic Bunyi Saat Direm

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, rem belakang motor matic sering kali terjadi banyak masalah. Mulai dari rem bunyi, rem tidak balik, rem ngeblong dan rem tidak pakam, hal ini lumrah terjadi pada motor matic. Sebab kinerja rem belakang pada motor matic lebih berat dari pada motor – motor yang menggunakan gigi / perseneling kecepatan. Pada motor gigi entah tipe cup dan motorsport / batangan, bisa memanfaatkan perpindahan gigi tinggi ke gigi rendah untuk membantu kinerja sistem pengereman. Hal ini biasa disebut sebagai engine brake, sementara untuk motor matic tidak ada engine brake untuk membantu mengurangi kecepatan motor.



rem belakang bunyi



Oleh sebab itu kondisi rem pada motor matic harus benar – benar terjaga, entah rem depan maupun rem belakang. Tapi pada kesempatan kali ini kita akan fokus ngomongin rem belakang motor matic, terutama motor matic yang memakai rem teromol. Berikut beberapa motor matic yang menggunakan rem teromol, Honda Beat, Scoopy, Vario, Spacy, Yamaha Mio, Fino, Soul GT, Suzuki Nex II, Spin, Skywave dan masih banyak lagi.

Penyebab Rem Belakang Motor Matic Bunyi


Rem belakang yang bunyi pada motor matic sering kali disebabkan oleh debu yang menempel di drum brake (teromol) dan pada kampas rem itu sendiri. Kondisi ini diperparah oleh air yang masuk ke dalam teromol, sehingga air tersebut menempel dikampas rem dan drum brake. Akibatnya saat dilakukan rem belakang, bunyi cit – cit akan terdengar dibagian roda belakang. Apakah kondisi ini berbahaya ? Sebenarnya tidak berbahaya tapi lumayan bikin risih dan mengganggu telinga pemakai motor tersebut. Apakah rem belakang menjadi tidak pakam ? Bunyi cit – cit tersebut tidak terlalu mempengaruhi pakam – tidaknya rem belakang.

Yang mempengaruhi pakam tidaknya rem belakang adalah posisi stelan rem belakang, tebal dan tipisnya kampas rem, kondisi drum brake yang sudah terkikis dan kabel rem belakang yang molor / kendor.

Cara Memperbaiki Rem Belakang yang Bunyi Cit – Cit

Sebenarnya untuk memperbaiki kondisi rem belakang yang bunyi cit – cit cukup dengan membersihkan kampas rem belakang dan teromol rem (drum brake) dari debu dan kotoran. Tapi kalau mau mengganti kampas rem sekalian itu jauh lebih baik he… he… tapi jangan lupa bersihkan juga paha remnya. Karena sering kali paha rem tersebut membuat rem belakang menjadi macet dan tidak balik atau mengunci.

Nah biar ada gambaran, silahkan tonton video ini sampai selesai dan silahkan tinggalkan like, komen dan sharenya. Tapi jangan lupa ya bro, subcribe terlebih dahulu, ya itung – itung lo bantuin gua agar channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

0 Komentar