Stang Berat, Biaya Ganti Komstir Honda Vario 125 & 150 di Bengkel AHASS

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi di blog otomotif roda dua yang mengupas review motor terbaru, bongkar pasang atau tutorial, trik dan informasi terbaru seputar dunia roda dua. Kali ini kita akan ngomongin cara memperbaiki komstir pada Honda Vario 125 dan Vario 150 dibengkel AHASS, nah biar lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro. Tapi sebelumnya gua mau minta tolong dulu ke lo semua supaya subscribe channel dan blog ini, agar lo ngga pernah ketinggalan informasi terbaru dan itung – itung lo bantuin channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Biaya Ganti Komstir Honda Vario 125 dan Vario 150 di Bengkel Resmi Honda (AHASS)


Komstir atau kones merupakan part yang penting untuk menunjang kenyaman dalam berkendara, komstir yang rusak akan mengurangi rasa nyaman dalam berkendara. Ada banyak sekali ciri – ciri komstir yang rusak, mulai dari stang kemudi bunyi saat melewati polisi tidur / tanggul dan jalan berlubang, bagian depan bunyi cetak – cetuk saat rem depan secara mendadak. Selain itu ciri – ciri komstir yang rusak dengan stelan yang terlalu kencang akan membuat stang kemudi yang susah dikendalikan dan terasa goyang, motor terasa kepingin belok sendiri. Nah, jika motor lo berasa seperti diatas maka solusinya ada 2 yaitu stel komstir atau ganti komstir. Stel komstir akan berhasil jika memang kondisi komstir motor masih belum rusak parah, tapi kalau sudah rusak parah sebaiknya lakukan penggantian komstir.

Berikut Rincian Biaya Penggantian Komstir Vario 125 dan Vario 150


Komstir Vario 125 dan Vario 150

Harga komstir Vario 125 & Vario 150 original dengan kode GN5 sekitar Rp 98 ribu, harga tersebut sesuai HET yang ditetapkan oleh AHM dan berlaku untuk barang – barang original. Jadi kalau komstir yang lo beli harganya jauh lebih murah banget, jangan senang dulu karena kemungkinan part yang lo beli bukan original tapi part KW 1 atau KW super yang bentuk dan bungkusnya mirip banget dengan part originalnya. Saran gua pakai part original supaya gampang penyetelan dan presisi saat pemasangannya, sedangkan kalau pakai part KW 1 biasanya akan lebih susah saat penyetelannya.

Grease Komstir

Grease atau gemuk alias pelumas padat kadang disediakan oleh bengkel tapi ada juga yang harus membeli grease untuk komstir. Jika kebetulan grease yang lo pakai disediakan oleh bengkel, lihat baik  baik grease yang dipakai, jika grease yang dipakai tipe heavy duty yang harganya bisa sampai Rp 100 ribuan untuk ukuran 250 -500 gram. Berarti lo beruntung banget, tapi kalau greas yang dipakai grease  biasa yang harganya sekitar Rp 20 ribu dengan ukuran 250 – 500 gram, lebih baik ganti dengan grease CVT yang harganya sekitar Rp 20 ribu untuk 20 gram. Karena grease sangat menentukan mbagel (seret) tidaknya stelan komstir, untuk hasil yang maksimal gunakan grease yang paling baik.

Stelan Komstir Vario 125 & 150

Stelan komstir diganti bila stelan tersebut sudah penyok parah dan membuat gerakan komstir menjadi seret, penyebab penyeok pada stelan komstir biasanya disebabkan saat melakukan penyetelan komstir dengan cara menggetok. Harga stelan komstir sekitar Rp 28 – 40 ribuan.

Ring Stelan Komstir Vario 125 & 150

Ring stelan komstir ini terkadang rusak pada bagian cenilan / stopper, akibatnya motor akan susah distel. Harga ring stelan komstir sekitar Rp 10 ribuan.

Ongkos Ganti Komstir 

Biaya ganti komstir dibengkel resmi Honda atau AHASS sangat bervariatif, setiap daerah mempunyai harga yang berbeda – beda. Tapi sebagai patokannya ganti komstir Honda Vario di AHASS disekitaran JABODETABEK sekitar Rp 70 – 100 ribu.

Nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini sampai selesai ya bro dan jangan lupa susbcribe terlebih dahulu.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.       

Posting Komentar

0 Komentar