Oli samping hanya dipakai pada motor – motor 2 tak dan tidak dipakai pada motor 4 tak, jadi pada motor 2 tak / stroke terdapat 2 oli yaitu oli mesin dan oli samping. Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian transmisi / gear box dan bagian kopling, sementara oli samping berfungsi untung melumasi piston dan kruk as atau poros engkol alias crank shaft. Kenapa motor 2 tak mempunyai 2 oli mesin ? Sebab bagian 1 yaitu kopling dengan transmisi mempunyai pembatas ruangan / sekat dengan ruang karter yang berisi crank shaft dan piston.
Akibat Kekurangan Oli Samping Pada Motor 2 Tak
Kekurangan oli samping berarti kekurangan pelumasan pada bagian ruang karter (piston dan crank shaft), hal ini akan berakibat pada kondisi mesin yang cepat panas (over heating). Jika dibiarkan secara terus menerus maka akan berakibat pada kondisi piston yang mengancing karena tidak adanya pelumasan, selain itu stang seher / crank shaft akan oblak dan menimbulkan suara mesin menjadi kasar.
Pada intinya motor 2 tak tidak boleh kekurangan oli samping apalagi sampai kehabisan oli samping, hal ini akan langsung berpengaruh pada mesin. Entah itu menimbulkan motor mati total atau suara mesin menjadi sangat kasar. Untuk mengatasi hal ini bisa diakali dengan menggunakan bensin campur, jadi kita tidak hanya mengandalkan oli samping untuk melumasi gerakan piston. Karena bensin campur biasanya terdiri dari bahan bakar biasa yang dicampur dengan sedikit oli mesin, dengan perbandingan antara bahan bakar dan oli mesin sekitar 1 liter bahan bakar berbanding dengan 1 tutup oli mesin.
0 Komentar