Biaya Serta Cara Ganti Komstir Honda Vario 125 dan Vario 150 Remote System

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, komstir merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi untuk mempermudah gerakan stang kemudi saat motor dalam posisi berbelok / menikung dan kondisi jalan lurus. Komstir sebenarnya bearing stang kemudi tapi mempunyai bentuk yang berbeda dengan bearing / laher roda, ya … walaupun ada beberapa modifikator yang menggunakan bearing dengan model yang sama dengan bearing roda sebagi bearing komstir. Tapi biasanya pabrikan sepeda motor menggunakan 3 jenis komstir untuk diaplikasikan pada motor – motor buatannya, 3 jenis bearing tersebut diantaranya komstir bambu, komstir peluru baja biasa dan komstir peluru baja yang memakai dudukan peluru baja.

Sedangkan untuk komstir bawaan Honda Vario 125 dan Vario 150 menggunakan komstir peluru baja biasa yang menggunakan kode GN5, komstir GN5 ini bisa dipasang pada semua Honda matic dan Bebek. Untuk harga komstir original GN5 dibandrol sekitar Rp 90 ribu, belum ongkos pasang dan tambahan grease / gemuk. Yang perlu diperhatikan saat membeli ataupun mengganti komstir yaitu adanya komstir yang terlihat original dengan bukus Honda ternyata bukan spart part original Honda. Ya bisa dibilang kaleng – kaleng lah bro… 

Biaya Ganti Komstir di Bengkel AHASS

Setiap bengkel AHASS mempunyai biaya ganti komstir yang berbeda – beda, hal ini tergantung dari ongkos jasa bongkar pasang dan pemakaian grease heavy duty. Masalah jasa bongkar pasang setiap lokasi bengkel mempunyai beberapa perbedaan, tapi untuk satu wilayah kabupaten biasanya mempunyai harga yang sama. Nah untuk estimasi penggantian komstir dijabodetabek berikut rinciannya.

Komstir Rp 98.000,
Grease Heavy Duty Rp 20.000,
Ongkos bongkar pasang Rp 50.000 – 70.000,

Cara Ganti Komstir Honda Vario 125 dan 150

Langkah pertama untuk mengganti komstir Honda Vario 125 dan 150 adalah melepas cover body yang terletak dibagian depan mulai dari cover dasi, cover lampu dan cover bagasi. Untuk melepas cover tersebut dip[erlukan obeng plus (+), kunci L bintang 4, kunci T10 pendek atau kunci Y 10.

Kemudian lepas caliper rem dengan memakai kunci L bintang 6 dan lepas sekalian roda depan dengan menggunakan kunci ring 14 mm dan ring 19 mm.

Setelah itu lepas baud pengunci antara segitiga dan stang dengan menggunkan kunci ring 14 mm dan 17 mm. Selanjutnya lepas stang kemudi dengan cara menarik ke atas stang tersebut dan perhatikan apakah ada kabel yang ikut ketarik da belum terlepas dari penginci kabel tersebut.
Selanjutnya kendorkan dan lepaskan mur komstir atas dengan menggunakan kunci pas 32 mm, dibawah mur 32 mm terdapat mur stelan komstir. Kendorkan mur stelan komstir tersebut dengan munggunakan alat khusus yaitu kunci stelan komstir, kalau tidak punya kunci stelan komstir bisa menggunakan palu dan obeng min ukuran sedang untuk memahat mur stelan tersebut.

Jika mur stelan tersebut sudah lepas maka tarik ke bagian bawah segitiga beserta shock depannnya.

Lepas semua mangkokan komstir dengan cara digetok menggunakan palu dan pipa shock bekas, sedangkan untuk mangkok komstir yang menempel pada segitiga bawah , cara melepasnya bisa digetok menggunakan obeng min dan palu.

Untuk memasang komstir baru bisa menggunakan komstir lama sebagai media tatakannya, supaya komstir baru tidak lecet dan rusak.

Langkah selanjutnya lumasi mangkok komstir dengan menggunakan gemuk / grease heavy duty, ingat pakai gemuk yang paling bagus ya bro.

Setelah itu susun pelor / peluru baja pada mangkok komstir, jangan sampai salah jumlah peluru baja yang terpasang. Untuk lebih jelasnya berapa jumlah peluru komstir bagian atas dan bawah pada motor vario 125 dan vario 150, silahkan buka artikel gua yang lainnya yang menjelaskan jumlah pelor komstir motor Honda.

Lumasi dengan menggunakan grease pada pelor / peluru baja komstir yang sudah disusun. 

Pasang segitiga ke sasis, usahakan jangan sampai ada peluru baja yang rubah posisi dari pemasangan awal. Sebab hal ini akan membuat peluru baja bertumpukan bukan pada posisi yang telah ditentukan.

Kemudian pasang mur stelan komstir usahakan putar sampai mentok / seret, agar posisi mangkok kopling benar – benar terpasang dengan pas. Setelah itu kendorkan sedikit demi sedikit cari stelan yang pas, stelan pas yang dimaksud tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar.

Pasang mur 32 mm, usahakan kencangkan mur secukupnya saja tidak usah terlalu kencang.

Lalu pasang stang kemudi ke segitiga, jangan lupa pasang kembali baud penguncinya dengan memakai baud 14 mm dan mur 17 mm.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video ini sampai selesai ya bro, kalau ada pertanyaan silahkan ajukan di video biar gampang gua menjawabnya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar