Oli Mesin Bocor ? Ini Cara Mengatasi Baut Tap Oli yang Dol dan Keras

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, baut oli pembuangan atau baut tap oli mesin alias drain bolt adalah bagian yang sering kali mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut biasanya berasal dari ulir baut pembungan yang mengalami slek atau dol. Akibatnya oli mesin akan rembes terus atau bocor, akan menjadi masalah yang serius jika baut pembuangan oli mesin slek dan dibiarkan saja tanpa adanya upaya perbaikan. Oli mesin yang rembes terus akan membuat takaran oli mesin menjadi berkurang dan dapat membuat poston ngancing / ceket.

Untuk mengatasi baut pembuangan oli mesin yang slek ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari tap lubang pembungan oli mesin, las babet pada ulir pembungan oli mesin atau bisa juga dengan mengganti crank case yang slek / dol tersebut dengan crank case terbaru. Tapi sebelum kita memilih mau memakai cara yang mana supaya aman,  maka baca artikel ini sampai selasai dan tonton video dibawah ini, sertakan juga komen, like & sharenya bro…

Cara Memperbaiki Baut Pembungan Oli Mesin yang Slek atau Dol


Tap Lubang Baut Oli Pembuangan

Tap lubang bud pembuangan oli mesin bisa dilakukan jika kondisi baut yang digunakan masih dalam kondisi standar bawaan motor, tap ulang drat lubang pembuangan biasanya akan menggunakan ukuran yang lebih besar dari bawaan motor. Ukuran sttandar baud pembungan biasanya menggunakan ulir 17 mm diganti dengan 19 mm ulir halus dan paling akhir akan menggunakan 19 mm ulir kasar (kalau punya snai 19 mm ulir kasar).

Sebenarnya cara ini merupakan cara paling murah, cara paling gampang dan juga cara paling mempunyai banyak resiko. Cara paling mudah, karena cara ini tidak perlu melakukan bongkar mesin total, hal ini berbeda dengan 2 cara yang lainnya, yang harus melakukan bongkar mesin total.
Kenapa gua ngomong cara paling beresiko ?, sebab ada banyak kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi saat melakukan tap ulang lubang baut pembungan oli mesin. Kesalahan tersebut bisa meliputi drat lubang baut miring, crank case yang retak dan lubang drat tambah rusak karena salah arah putaran baut.

Nah, jika lo mau menggunakan cara ini untuk mengatasi lubang baut pembuangan oli mesin yang slek, maka saran gua, cari mekanik yang berpengalaman. Untuk masalah biaya untuk memperbaiki drat baut pembuangan biasanya dibandrol sekitar Rp 50 ribu dan bautnya dihargai sekitar Rp 10 ribu. Jangan lupa, pasang ring aluminium pada baut untuk mengurangi slek / dol pada drat lubang baut oli mesin.

Las Babet Drat Pembuangan Oli Mesin

Las babet ini dilakukan jika kondisi baut pembuangan sudah pernah ditap ulang atau sudah bukan bawaan motor, jadi secara gampangnya las babet dilakukan jika drat baut pembungan oli mesin telah slek yang ketiga dan keempat kalinya. Untuk melakukan las babet harus bongkar mesin total, supaya hasil pengerjaannya lebih maksimal. Las babet ini tidak 100 persen berhasil dan kadang oli mesin masih tetap rembes, jadi untung – untungan bro.. kadang ada yang berhasil dan kadang ada yang masih rembes.

Biaya las babet untuk memperbaiki ulir baut pembungan oli mesin biasanya dibandrol sekitar Rp 100 ribu dan ongkos bongkar pasang mesin sekitar Rp 350 ribu. Jadi total keseluruhan kurang lebih menjadi Rp 450 ribu untuk total perbaikan drat pembungan oli mesin yang slek.

Ganti Crank Case

Penggantian crank case merupakan cara paling ampuh dan manjur, karena crank case baru dan pastinya masih standar pabrik. Cuman untuk memperoleh crank case baru harus melakukan banyak perjungan dan mencari kesana – kemari, sebab biasanya bengkel tidak menyetok crank case baru dan kadang pada crank case yang terdapat lubang tap oli terdapat nomor mesin. Sehingga untuk memperoleh crank case yang terdapat nomor mesin, harus pesan terlebih dahulu ke bengkel resmi dan menunggu proses antri penyetakan nomor mesin pada pabrikan.

Harga crank case biasanya dibandrol sekitar Rp 500 ribu, ongkos bongkar pasang sekitar Rp 350 ribu. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.       


 

Posting Komentar

0 Komentar