Penyebab Mesin Honda Tiger dan Megapro Lama Bunyi Kasar

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, para pemakaik Honda Tiger, Megapro lama dan GL Neotech sering kali mengeluhkan suara motornya kasar berisik kaya mesin potong rumput.. Ops… keceplosan, memang ciri khas motor ini karakter suara mesinnya kasar jika dibandingkan dengan motor sport lainnya, entah dari satu pabrikan atau pebrikan tetangga sebelah. Tapi perlu diketahui para pemakai motor ini tipe orang – orang yang setia, pantang menyerah, tidak sombong dan suka menabung he…. He…

Ngomongin suara mesin kasar pada sepeda motor itu hal yang lumrah dan penyebabnya bisa berbeda – beda, selain itu setiap motor mempunyai karakter dan kontruksi mesin yang berbeda pula. Nah kali ini kita akan fokus ngomongin mesin Honda Tiger dan Megapro lama yang suaranya yang suaranya kasar seperti suara mesin potong rumput he… he… penyebab dari suara kasar tersebut berasal dari keteng atau rantai mesin alias kamprat. Untuk mengatasi hal ini solusinya dengan mengganti keteng dan penonjok keteng, tapi umur keteng tersebut biasanya ngga akan lama dan biasanya kalau sudah 2 tahunan suara kasar tersebut akan kembali terdengar.


mesin tiger kasar banget


Kenapa keteng Honda Tiger dan Megapro lama sering kendor dan membuat suara mesin kasar ? Sebab posisi noken as ketarik keluar dari dudukannya, secara gampangnya posisi bearing noken as bergeser sehingga mengikis tutup sentrik. Tutup sentrik / tutup gear noken as akan tergerus secara terus menerus, apakah ini berbahaya ? Iya hal ini sangat berbahaya buat mesin. Sebab keteng / rantai mesin tidak akan tegak lurus dari posisi gear kruk as dengan gear sentrik, kondisi ini akan membuat keteng menggesek crank case / blok mesin. Akibatnya keteng akan cepat rusak dan menimbulkan suara kasar, selain itu crank case akan terkikis karena gesekan tersebut.

Jika dilihat dengan lebih cermat dan dengan membandingkan dengan mesin motor Honda lainnya, posisi noken as GL series dari Tiger, Megapro lama, Gl Neotech dll. Tidak menggunakan stoper pada bagain noken as, stoper disini bisa baud atau part lainnya yang berfungi untuk menahan gerakan noken tidak keluar dari posisinya. Untuk mengatasi hal ini maka kita bisa memodifikasi bagian noken as, caranya dengan memasang bearing pada bagian tutup sentrik. Kenapa tidak menggunakan baud saja seperti motor – motor lainnya ? Sebab posisi gear sentrik Gl series ini terlalu besar dan pasti akan bertabrakan dengan baud yang kita pasang.

Nah biar lebih jelasnya tonton video ini serta subcribe terlebih dahulu, tapi jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya.

masih proses bro

Ok bro, sekian dulu ya, kalau masih bingung silahkan komen pada video, agar gua cepet meresponnya. Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan. Hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.       

Posting Komentar

1 Komentar