Perbedaan Komstir Bambu dan Komstir Original

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, komstir adalah bearing kemudi yang berfungsi untuk mempermudah gerakan stang kemudi saat berbelok ke kanan dan ke kiri. Sering kali kita ngomongin komstir dari jumlah pelor / peluru baja, ukuran diameter , ciri -c iri kerusakan komstir dan masih banyak lagi. Nah kali ini kita akan ngomongin perbedaan komstir bambu dengan komstir original, sebenarnya komstir original bawaan motor ada 3 jenis. Mulai dari komstir dengan peluru baja biasa, komstir peluru baja menggunakan dudukan dan komstir bambu, lho kok komstir bambu masuk dalam kategori komstir original. Memang iya komstir bambu biasanya dipakai pada motor – motor trail dan moge, sementara komstir dengan peluru baja dipakai pada motor – motor dengan volume cylynder dibawah 250 cc.

Yang membedakan antara komstir dengan peluru baja biasa dengan komstir peluru baja memakai dudukan ialah cara pasangnya. Jika komstir peluru baja biasa harus ditata satu persatu dan memperhatikan jumlah peluru baja, sementara untuk komstir yang menggunakan dudukan peluru baja tidak perlu menatanya karena seluruh peluru baja sudah dalam satu tempat. Contoh motor yang menggunakan peluru baja biasa yaitu Honda Beat, Vario 125, Supra X 125, Suzuki Shogun 110, Satria FU dan masih banyak lagi. Sementara untuk motor yang menggunakan peluru baja memakai dudukan yaitu Honda CBR250RR, Yamaha Jupiter Z, Mio J, Mio Sporty dll.





 
Nah sesuai dengan judul diatas kita samakan persepsi terlebih dahulu, yang kita maksud disini sebagai komstir bambu adalah komstir / kones after market yang biasanya ditujukan untuk motor – motor yang menggunakan peluru baja biasa dan peluru baja memakai dudukan. Jadi kalau lo membuka artikel ini kemungkinan besar motor yang lo pakai bukan motor trail ataupun motor dengan CC diatas 250.

Kekurangan dan Kelebihan Komstir Bambu After Market

Komstir bambu after market atau bisa dikatakan komstir / kones bambu bukan original mempunyai beberapa keunggulan dan kekurangan saat diaplikasikan pada sepeda motor. Untuk lebih jelas apa kekurangan dan kelebihannya langsung saja kita check it dot bro..

Kekurangan Komstir Bambu After Market

Tidak Presisi

sering kali komstir bambu after market tidak terlalu presisi jika dibandingkan dengan komstir original bawaan motor. Mulai dari diameter mangkok komstir, tinggi rendahnya mangkok komstir dan masih banyak lagi. Efeknya kadang kunci stang tidak bisa dilakukan dan susah dipasang pada motor jika dibandingkan dengan komstir original.

Susah Distel

Kalau sudah mulai rusak sering kali komstir bambu susah distel kekencangan dan kelonggarannya, sehingga stang kemudi akan terlalu mbanting sehingga stang susah dikendalikan.

Kelebihan Komstir Bambu


Harga Relatif Murah

Untuk masalah harga komstir bambu after market, biasanya dibandrol sekitar Rp 60 – 70 ribu, sementara untuk harga komstir bambu original sekitar Rp 500 – 700 ribu. Sedangkan harga komstir peluru baja original dibandrol sekitar Rp 90 ribu.

Simpel Pemasangannya

Untuk memasang komstir bambu after market akan lebih mudah karena tidak perlu menata peluru baja jika dibandingkan dengan kones peluru baja biasa.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro..



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. wor.. wor..


Posting Komentar

0 Komentar