Cara Bongkar Pasang Cover Depan & Komstir Honda New Beat ESP (ECO)

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali blog dan channel youtube yang membahas dunia otomotif roda dua terutama sepeda motor. Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin cara bongkar pasang cover body bagian depan dan komstir Honda New Beat esp atau ada yang menyebutnya Beat ECO. Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, gua mau minta bantuan lo supaya subcribe channel ini. Agar channel ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi, ok langsung saja check it dot bro..


Cara Bongkar Pasang Cover Body Depan Honda New Beat ESP (ECO)


Sediakan peralatan terlebih dahulu ya bro, mulai dari obeng plus (+) ukuran sedang, kunci T 10 dan stelan angin.

Untuk melepas cover body depan Honda New Beat ESP harus melepaskan 10 baud cover yang biasa disebut ulir cacing, 2 clip cover dan 2 baud 10 mm. 

Ok, langkah pertama lepas cover plat nomor (cover dasi) dengan cara melepas 2 baud ulir cacing yang menggunakan obeng plus (+), kemudian congkel menggunakan stelan angin unttuk melepas pengunci cover dasi dari sisi bawah.

Jika baud dan clip cover sudah dilepas  maka tarik keatas dan kedepan cover dasi atau cover plat nomor tersebut.

Selanjutnya lepaskan baud 10 yang ada dibelakang cover dasi tersebut dengan menggunakan kunci T 10 mm dan lepaskan semua baud  cover (baud cacing) yang menempel di cover body depan tersebut. Ingat jumlah baud cover yang tersisa tinggal 8 pcs, 6 pcs ada di sekitar bagasi dan 2 pcs ada dibawah belakang sparkboard depan.

Kemudian lepas clip cover, caranya dengan mendorong bagian tengah clip tersebut kemudian congkel keluar dengan menggunakan obeng stelan angin.

Jika semua baud dan clip telah terlepas maka langkah selanjutnya menarik keluar cover pada bagian sayap bawah, kemudian tarik kedepan cover body depan Honda New Beat esp tersebut. Saat menarik kedepan cover tersebut mungkin akan terasa berat karena ada 2 clip pengunci cover masih menempel apad cover depan tersebut.

Jika cover body depan sudah terlepas maka langkah selanjutnya melepas soket kabel lampu depan, dan langkah ini selesai untuk melepas cover body depan.


Cara Bongkar Pasang Komstir Honda New Beat ESP atau Beat ECO


Setelah cover depan berhasil dilepas maka langkah selanjunya melepas cover dashboard / bagasi depan. Posisi baud untuk melepas cover bagasi yaitu ada 1 baud T10 mm didepan dan 4 baud cover body / baud cacing dibelakang dashboard.

Kemudian lepaskan caliper rem depan dengan menggunakan kunci L6 bintang dan tidak ketinggalan juga lepaskan 2 baud 10 mm yang mengikat selang minyak rem ke buttom shock.

Setelah itu lepaskan stang kemudi dengan cara melapas baud 14 mm dan 17 mm dengan menggunakan kunci ring 14 mm dan 17 mm. Caranya cukup menariknya ke atas untuk memisahkan antara stang kemudi dengan segitiga.

Kemudian gunakan kunci pas 32 mm untuk melonggarkan mur bagian atas stelan komstir, jika mur tersebut dalam posisi terlalu keras. Maka kencangkan terlebih dahulu mur stelan komstir bagian bawah, tujuannya supaya ada jarak antara mur stelan atas dan mur stelan bawah.

Jika semua mur stelan komstir telah dilepas maka segitiga bisa dilepas dari sasis atau kerangka motor.

Untuk melepas mangkokan komstir bagian atas dan bagian bawah sasis, bisa menggunakan pipa shock bekas.

Sementara untuk melepas mangkok yang terdapat disegitiga bawah bisa menggunakan obeng min, caranya dengan menggetoknya tetapi jangan lupa lepas terlebih dahulu karet / seal debu yang berada dibawah mangkok segitiga.

Saat pemasangan perhatikan jumlah peluru baja / pelor komstir atas dan bawah, selain itu posisi mangkok komstir harus pada posisi yang pas atau benar – benar rata dengan dudukan komstir.

Nah, biar lebih jelasnya langsung saja tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa susbcribe terlebih dahulu ya bro… dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya..





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar