Cara Ganti Kampas Kopling Honda Beat, Scoopy dan Vario, dari Karburator, Injeksi dan ESP

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi di blog dan channel youtube Sejeworks yang berisi konten – konten dunia otomotif sepeda motor. Kali ini kita akan ngomongin cara ganti kampas kopling pada motor matic Honda, cara ini bisa dipakai untuk motor Beat, Scoopy, Spacy, Vario dan PCX150. Entah jenis karburator, injeksi dan ESP, selain itu cara yang kita akan gunakan tidak menggunakan kunci – kunci yang terlalau ribet. Kita akan menggunakan fly wheel holder (raket) dan kunci shock yang pas dengan mur penahan kopling. Sebelum lo mengganti kampas kopling, saran gua sebaikmya dibarengi dengan penggantian seal driven face dan grease CVT. Sebab part – part yang gua sebutkan tadi saling berkaitan dan untuk memganti salah satu part tersebut menggunakan cara yang hampir sama. Ya istilah gampangnya bongkar sekalian tanggung dari pada 2 kali kerja untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Cara Bongkar Pasang Kampas Kopling Honda Beat, Scoopy, Spacy dan Vario


Sebelum kita mengganti kampas kopling motor – motor tersebut maka kita persiapkan terlebih dahulu peralatannya yaitu kunci T8, stelan angin, tang, kunci shock 39 mm / kunci mur kampas ganda.

Langkah pertama lepaskan blok CVT dengan menggunakan kunci T8 mm, ingat jumlah baud pada blok CVT lumyan banyak jadi jangan sampai hilang.

Setelah semua baud bak / blok CVT terlepas, lakukan engkol atau selah kick starter supaya blok CVT bisa terlepas.

Kemudian pasang fly wheel holder pada bagian mangkok kopling, ingat pasang dengan kencang fly wheel holder / raket pada mengkok kopling tersebut. Tujuannya saat mengendorkan mur pulley belakang, mangkok kopling tidak ikut berputar.

Selanjutnya kendorkan dan lepas mur pulley belakang dengan menggunakan kunci ring 19 mm atau kunci shock 19 mm.

Tarik keluar ring mur 19, mangkok kopling dan pulley belakang, untuk menarik dan melepas pulley belakang usahakan sambil memutar driven face supaya vbelt masuk kedalam sela – sela driven face.

Jika pulley belakang sudah dilepaskan dari dalam CVT maka langkah selanjutnya melepas mur kopling / mur kampas ganda, alat yang digunakan dengan menggunakan kunci shock 39 mm / kunci special mur kopling matic. Saat mengendorkan mur kopling ini harus hati – hati, karena sering kali dudukan kopling akan lompat mengenai muka.

Lepaskan 3 sirklip pengunci kopling dengan menggunakan stelan angin / oben min, untuk motor Beat dan Scoopy karbu serta injeksi biasanya dibagian belakang sirklip terdapat ring. Sedangkan untuk motor Beat esp, Scoopy esp, Vario 110, 125 dan 150 menggunakan plat dibagian belakang sirklip pengunci.

Berikutnya lepaskan 3 peer kopling dengan menggunakan stelan angin. Untuk melepasnya cukup dengan mencongkel peer tersebut.

Setelah peer kopling terlepas maka kopling akan mudah dilepas dari dudukannya, yang perlu diperhatiikan adalah posisi dumper kopling. Jika dumper kopling rusak maka ganti dengan yang baru atau kalau mau berhemat bisa memutar damper kopling tersebut.

Cara Pasang Kampas Kopling Ganda Honda Beat, Scoopy, Spacy dan Vario


Jika kampas kopling sudah terlepas selanjunya membersihkan dudukan kampas kopling dengan menggunakan amplas. Tujuannya supaya kopling / kampas ganda bisa bergerak dengan lancar dan tidak macet.

Kemudian pasang kembali part – part pulley belakang tersebut, mulai dari kampas kopling, dumper kopling, ring sirklep / plat sirklip dan sirklip pengunci.

Jika kampas kopling telah terpasang dengan benar maka langkah selanjutnya pasang kembali peer CVT, dudukan kampas kopling dan driven face. Kunci dengan menggunakan mur kopling dan jangan lupa kencangkan mur tersebut.

Selanjutnya pasang kembali pulley belakang ke vbelt / van belt, ingat untuk memasangnya usahakan putar terlebih dahulu driven face agar vbelt bisa masuk ke dalam pulley.

Nah, biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan like, komen dan subscribe ya bro… ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor… wor..

Posting Komentar

0 Komentar