Cara Ganti Lampu Rem serta Lampu Kota Honda Sonic dan Beat Injeksi

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, artikel ringan kali ini kita akan ngomongin cara ganti lampu belakang pada Honda Sonic 150 dan Cara ini bisa diterapkan buata Honda Beat Injeksi dan Beat Esp. Lo ngga perlu menggunakan alat atau tool alias kunci untuk mengganti lampu belakang dari motor – motor tersebut, karena untuk mengganti lampu belakang motor Honda Sonic dan Beat injeksi cukup menggunakan tangan saja.

Perlu diketahui lampu belakang pada sepeda motor pada umumnya terdiri dari 2 lilitan kawat dalam 1 bohlam. Lilitan kawat pertama sebagai lampu senja atau lampu kota sedangkan lilitan yang kedua lampu rem. Maka dari itu lampu belakang mempunyai spesifikasi 12 Volt 5 /18 Watt, walaupun sama – sama menggunakan tegangan aki 12 volt  tapi kebutuhan kuat arusnya berbeda antara lampu senja dan lampu rem.Lampu senja atau lampu kota akan pada motor Honda Sonic mempunyai daya listrik sekitar 5 watt dan akan menyala saat mesin dihidupkan.

Sedangkan untuk lampu rem membutuhkan daya listrik sekitar 18 watt akan menyala saat rem depan ditakn dan rem belakang diinjak. Sinar lampu senja lebih redup dari lampu rem, sebab lampu rem membutuhkan 18 watt untuk bisa menyala. 12 volt 5/18 watt. Lampu rem mempunyai daya yang besar dan hampir menyamai daya lampu depan pada sepeda motor Honda Beat injeksi yaitu 35 Watt, sehingga lampu rem yang menyala secara terus menerus / manjer. Sering kali menjadi penyebab aki / accu sering kali ngedrop dan cepat soak, nah karena resiko tersebut sebaiknya perhatikan saklar lampu rem, pakai lampu rem yang menggunakan watt rendah dan sesuai dengan anjuran pabrikan. Nah, ngga penasaran langsung saja kita bahas sampai datail dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro…

Cara Mengganti Lampu Belakang Honda Sonic dan Beat Injeksi


Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan spare part lampu belakang, ingat spesifikasinya 12 volt 5/18 watt atau juga bisa dengan menggunakan lampu LED. Karena lampu LED variasi biasanya membutuhkan daya yang lebih kecil dari bohlam pijar biasa.

Setelah itu buka jok bagasi pada Honda Sonic 150 atau Beat injeksi dan Beat ESP.

Kemudian perhatikan bagian bahel dan lampu belakang dari posisi jok dibuka tersebut, maka akan kelihatan piting lampu dan kabel – kabel lampu rem belakang.

Selanjutnya putar piting lampu kearah kiri agar pengunci reflektor dan piting lampu terlepas, jika sudah terlepas maka tarik keluar piting lampu.

Jika piting lampu sudah terlepas maka langkah selanjutnya tekan bohlam kedalam piting lampu dan putar kearah kiri agar pengunci bohlam terlepas.

Memasang lampu belakang usahakan perhatikan terlebih dahulu titik pengunci lampu dengan piting lampu, pasang jika posisinya gampang dimasukan dan jangan langsung tekan. Karena kadang posisi pengunci lampu tidak lurus dengan posisi piting lampu belakang.

Cara untuk memasang lampu belakang cukup mudah yaitu hanya mendorong lampu kepiting lampu dan memutar sedikit lampu sampi benar – benar terkunci dengan piting lampu.

Langkah selanjutnya memasang piting lampu ke refletor lampu belang, cara hampir sama perhatikan coakan pada piting lampu dan refelektor lampu. Jika posisinya sudah lurus dan sesuai panjang – penjdek ya coakan tersebut sama, maka masukan piting lampu dan putar  kearah kanan sampi benar – benar terkunci.

Nah, supaya lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini dan jangan lupa subcribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo banttuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep ridingg no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor..  wor..

Posting Komentar

1 Komentar