Cara Ganti Lampu Senja Belakang Serta Lampu Rem Honda Vario 125 dan 150 LED

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali diblog otomotif roda dua yang membahas tip dan trik bongkar pasang sepeda motor, review motor baru dan masih banyak lagi. Kebetulan untuk beberapa artikel kali ini kita akan ngomongin hal – hal yang ringan, ya bisa dibilang edisi lockdown ya bro he… … dan kebetulannya lagi bulan puasa. Saatnya memperbanyak amal ibadah, sesuai dengan judul kita akan ngomongin cara ganti lampu belakang Honda Vario 125 dan 150 LED.

Harus kalian tahu Honda Vario 125 dan Vario 150 LED menggunakan banyak bohlam untuk lampu belakangnya, mulai dari 1 lampu senja, 1 lampu plat nomor dan 2 lampu rem. Jika dibandingkan dengan sepeda motor pada umunya yang menggunakan 1 lampu belakang saja sebagai lampu rem dan lampu senja, maka Honda Vario 125 dan 150 termasuk boros lampu belakang. Ya mungkin ini sebagai ciri khas dari HondaVario, dimulai dengan Vario 110 karburator generasi pertama kemudian diikuti oleh Vario 125 lama dan ditutup oleh Vario LED 125 dan 150.


lampu belakang vario 125 dan 150



Bohlam lampu senja dan lampe rem pada motor Honda Vario mampunyai bentuk dan ukuran yang berbeda, jadi bohlam lampu rem mempunyai bentuk dan daya listrik yang lebih besar jika dibandingkan dengan bohlam lampu senja. Bohlam lampu rem mempunyai spesifikasi 12 volt – 10 Watt x 2 buah lampu, sedangkan bohlam senja mempunyai spesifikasi 12 Volt – 3,4 Watt x 2 buah lampu. Perbedaannya pada daya yang dibutuhkan untuk mengaliri arus listrik ke bohlam tersebut, dampaknya bagaimana jika semua bohlam menggunakan bohlam rem ?. Akibatnya kebutuhan arus listrik ke lampu belakang menjadi lebih banyak, dan dalam jangka panjang akan membuat aki / accu cepat ngedrop dan soak.

Jadi saran gua gunakan bohlam yang sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan, jika ingin mencari cara lain bisa dengan menggunakan bohlam variasi lampu sen LED. Biasanya lampu sen LED membutuhkan daya yang lebih kecil, keuntungan lainnya sinar lampu LED biasanya lebih terang dan mempunyai warna yang bervariasi. Ok langsung saja kita ganti lampu belakang dan lampu rem pada Honda Vario 125 dan Vario 150 LED, check it dot ya bro…

Cara Ganti Lampu Senja Belakang Serta Lampu Rem Honda Vario 125 dan 150 LED

Untuk mengganti lampu belakang Honda Vario 125 dan 150 LED memerlukan obeng plus (+) ukuran sedang untuk membuka baud ulir cacing / baud cover lampu belakang.

Setelah baud cover tersebut dilepaskan maka langkah selanjutnya tarik kebelakang cover lampu belakang.

Kemudian masukan tangan kedalam reflektor mika lampu belakang, gunakan kedua jari untuk memutar kearah kiri piting lampu.

Maka secara sendirinya piting lampu akan lepas dan bisa ditarik keluar reflektor.

Langkah selanjutnya ganti bohlam lampu belakang dengan cara menarik bohlam tersebut.
Untuk memasang bohlam lampu senja belakang dan bohlam lampu rem belakang Honda Vario 125 dan Vario 150 LED harus berhati – hati bro.

Pastikan piting lampu benar – benar terkunci ke bagian reflektor lampu, karena sering kali piting lampu yang tidak terkunci akan membuat cover lampu belakang meleleh.

Nah biar lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa susbcribe terlebih dahulu, ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Akhir kata dari ggua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor.. wor… 

Posting Komentar

0 Komentar