Cara Ganti Seher Serta Biaya Turun Mesin Motor Absolute 110 & Blade 110

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, berapa sih biaya ganti seher atau piston pada motor Honda Revo absolute 110 dan Honda Blade 110. sesuai dengan judul dan pertanyaan didepan, kali ini kita akan ngomongin biaya ganti piston dan dikhususkan buat Honda Revo Absolute. Entah KWW atau KWB, jadi Honda Revo mempunyai beberapa generasi. Mulai dari Revo 100 atau pertama keluar, kemudian digantikan dengan Revo KWW dan KWB, tapi sekarang ini sudah sampai pada generasi Revo FI. Dari beberapa jenis Honda Revo yang disebutkan diatas, hanya Revo 100 atau Revo lama yang tidak dimasukan dalam estimasi dibawah ini. Kenapa tidak termasuk ? Sebab piston yang dipakai berbeda dengan motor Revo lainnya, selain itu paking yang / gasket yang pakai mempunyai banyak perbedaan. Tapi untuk masalah harga bisa dikatan beti (beda tipis), ok untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini supaya lebih jelas dan lo punya gambarannya bro.. jangan lupa tinggalkan jejak dengan like, komen dan sharenya bro…


Biaya Ganti Seher Honda Revo Absolute 110 dan Blade 110


Ganti piston atau seher pada motor Revo 110, apa saja sih yang harus dilakukan dan apa saja spare partnya, ok berikut penjelasannya bro..

Harga Piston Oversize Honda Revo 110

Harga dari piston oversize KWB asli AHM dibandrrol sekitar Rp 108.000, sementara kalau memakai merk lainnya bisa lebih murah lagi bro. Oversize disini berbeda – beda tergantung tingkat keausan liner dari Cylinder bore, kebetulan AHM menyediakan 4 ukuran piston oversize buat motor buatannya tak terkecuali Honda Revo 110. Oversize diawali dengan penambahan diameter piston sekitar 0,25 mm atau biasa disebut oversize 25. Kemudian akan meningkat menjadi oversize 50, maka diameter piston akan menjadi lebih besar dengan penambahan 0,50 mm. Selanjutnya ada piston oversize 75 dengan penambahan diamter piston sekitar 0,75 mm dari diameter piston standarnya yaitu 50 mm. Yang terakhir piston oversize 100 dengan penambahan diameter piston sekitar 1 mm, maka total diamater piston menjadi 1 mm + 50 mm (diameter piston standar), hasilnya menjadi 51 mm. Apakah masih bisa lebih dari oversize 100 ? tentu saja bisa, tapi kita tidak akan membahasnya untuk  kali ini.

Harga Korter Cylinder Comp Honda Revo 110 

Biaya korter sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000, tergantung lokasi bengkel dan harga ongkos bengkelnya, korter bertujuan untu memperbesar lubang liner pada cylunder bore agar sesuai dengan diamter piston.

Harga Paking / Gasket Top Set Honda Revo 110

Harga paking top set biasanya dibandrol sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000, tergantung jenis motor dan barang origginal atau bukan gasket tersebut. Untuk ganti piston / seher memerlukan paking top set alias paking mesin atas sebagai pengganti gasket lama dengan menggunakan gasket baru. Sering kali untuk menghemat pengeluaran, gasket lama tidak diganti dengan menggunakan gasket baru. Hal ini sebenarnya sah – sah saja karena ini hak lo sebagai yang punya motor atau yang memperbaiki motor tersebut. Tapi sering kali saat kita tidak mengganti paking top set, maka kita akan melapisi paking tersebut dengan menggunakan lem. Akibatnya selain tidak rapi, oli mesin rembes dan yang terparah adalah posisi jalur oli tertutup oleh lem tersebut. Nah ini semua akan menjadi masalah yang terjadi jika tidak mengganti paking / gasket baru, tapi punya gua ngga masalah, ya itu punya lo bro, lagi beruntung aja dan belum mengalaminya he.. he..
 
Paking Top set biasanya berisi seal klep, paking head cylinder, paking cylinder comp, seal tutup klep, seal manifold karburator, seal lubang intip magnet. Apakah harus menggunakan paking original bawaan pabrikan motor ? Tidak juga, yang terpenting paking tersebut pas dan sesuai dengan kontruksi mesin. Mulai dari lubang jalur oli mesin, lubang tusuk sate (baud mesin panjang), jalur keteng mesin dan masih banyak lagi.

Ongkos Bongkar Pasang Mesin Atas Honda Revo 110


Ngomongin ongkos bongkar pasang ganti piston pada motor Revo Absolute 110 dan Blade 110 pada setiap bengkel mempunyai harga yang berbeda – beda, tapi biasanya dibandrol sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000, tergantung lokasi bengkel.

Cara Ganti Piston Honda Revo Absolute 110 & Blade 110


Untuk mengganti piston Honda Revo Absolute 110 dan Blade 110, diperlukan beberapa kunci yaitu kunci T8, T10, T12, Ring 10 12 mm, untuk stelan klep meliputi L kapet, fuller guage, ring 8 – 9 bengkok. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini dan jangan lupa bantu gau dengan menekan tombol subscribe, like, komen dan sharenya ya bro.. 




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal selalu..

Posting Komentar

0 Komentar