Cara Jumper Bendik Starter dan Dinamo Starter Sepeda Motor

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, bendik starter dan dinamo starter adalah komponen yang saling berkaitan dan menjadi bagian dari komponen eletrik starter. Cara kerja sistem elektrik starter dimulai dari tombol starter yang ditekan kemudian arus 12 volt akan mengalir ke sisi relay dengan kabel kecil. Hal ini ditandai dengan bunyi cetik sebagai tanda tombol starter telah mengalirkan arus listrik ke bendik starter dan membuka arus listrik yang berasal dari aki. Jadi arus listriik dari aki akan masuk ke bendik lewat kabel besar berwarna merah dan out put juga menggunakna kabel besar yang menuju dinamo starter. 

Saat ini ada 3 model bendik starter yang digunakan oleh pabrikan sepeda motor, dimulai dengan bendik starter model bulat, model kotak dan relay starter kecil kaki 5. Untuk bendik starter / relay starter model kotak dan bulat biasanya digunakan untuk motor – motor karburator dan injeksi keluaran lama. Sementara untuk relay starter kecil kaki 5 digunakan pada motor injeksi yang menggunakan ACG starter atau tidak menggunakan dinamo starter. Jadi pada artikel dan video kali ini kita akan fokus membahas bendik starter bulat dan kotak, nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini sampai selesai ya bro.. tapi jangan lupa komen, like dan subscribe ya bro…

Cara Jumper Bendik Starter Sepeda Motor


Untuk menjumper bendik starter kita harus tahu terlebih dahulu mengetahui mana jalur kabel dari swit starter / tombol starter dan jalur dari aki menuju dinamo starter, untuk mengetahui jalur kabel tersebut sebenarnya sangatlah mudah. Kita bisa mengetahui jalur kabel dari tombol starter jika kabel tersebut berbentuk kecil dan biasanya ada 2 buat kabel , sementara kabel dari aki yang menuju dinamo starter akan berbentuk lebih besar dan keras. Yang akan kita jumper adalah kabel dari aki yang menuju dinamo starter, sedangkan kabel dari tombol starter kita biarkan saja tanpa harus diotak atik dan dirubah.

Cara menjumper bendik starter yang berbentuk bulat bisa menggunakan obeng atau tang, cara ini bisa dilakukan tanpa melepas kabel dan kunci kontak tidak perlu posisi On untuk mengeceknya. Ingat yang jumper bagian bendik starter yang terdapat mur dan kebel, sebelum menjumper bendik starter pastikan terlebih dahulu tidak ada bensin disekitar area tersebut, untuk menghindari kebakaran bro..

Sementara untuk bendik starter yang berbentuk kotak, harus menggunakan cara yang lebih rumit jika dibandingkan dengan bendik starter model bulat. Karena kita harus melepas relay starter tersebut dari soketan kabel, untuk melepas relay starter berbentuk kotak pada sepeda motor. Kita harus melepas pengunci relay yang posisinya ada pada kedua sisi relay, sering kali pada pengunci relay mengalami kerusakan / patah saat kita mencoba melepas relay tersebut. Tapi hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah yang besar, sebab relay starter biasanya akan tetap bisa dipasang pada soketan kabel relay. Jika relay starter sudah bisa dicabut maka langkah selanjutnya jumper soket relay yang ukurannya besar, karena soketan yang berukuran besar berasal dari aki dan dinamo starter.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan like, komen, share dan subscribe ya bro… ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu… wor… wor…

Posting Komentar

0 Komentar