Cara Melepas Jalu Stang atau Stabilizer Pada Sepeda Motor

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, Jalu stang atau stabilizer kadang sering kali disebut  pemberat stang adalah part yang posisinya berada disebelah ujung kanan dan kiri dari stang kemudi.  Part ini sering kali dianggap hanya sebagai hiasan atau variasi supaya motor terlihat lebih keren saja, tapi bukan hanya itu saja fungsi jalu stang. Jalu stang juga berfungsi sebagai peredam getaran mesin ke tangan biker’s dan penyeimbang berat motor agar tidak oleng atau gayaong saat kecepetan tinggi. Sesuai dengan judul kita akan ngomongin cara melepas jalu stang pada sepeda motor, nah biar ngga banyak basa – basi langsung saja check it dot ya bro…




Sebelum kita melepas pemberat stang / stabilizer maka kita harus mengerti terlebih dahulu jenis stabilizer yang dipakai, maksudnya apakah stabilizer tersebut langsung tersambung dengan stang kemudi atau melalui media lainnya yang dimasukan kedalam selongsong stang kemudi. Jalu stang yang langsung terpasan pada stang kemudi biasanya mempunyai ciri – ciri sebagai berikut :
- Ujung sebelah kanan dan kiri dari stang kemudi dalam kondisi tertutup atau rapet.
- Jalu stang tidak bisa diputar dengan menggunakan tangan, untuk model jalu stang seperti ini biasanya dipasang pada motor Vario 125, Vario 150, Beat Injeksi, Beat Esp, Fino karbu, Fino injeksi.

Sedangkan jalu stang yang menggunkan media lain atau tempat dudukan jalu stang tidak langsung tertancap pada stang kemudi, biasanya untuk model jalu stang ini menggunakan pipa stang kemudi yang bolong pada bagian ujung lubang sebelah kanan dan kiri. Untuk motor yang menggunakan jalu stang seperti ini yaitu Honda Tiger, CBR150R, Supra x 125 dan masih banyak lagi.   

Jadi pada intinya ada 2 jenis jalu stang motor sesuai dengan dudukan stangnya, untuk jenis jalu stang tetap atau model pertama cukup mudah untuk melakukan bongkar pasang. Tapi untuk jalu stang 2 kedua lumayan sulit untuk melepasnya, karena saat kita mencoba untuk mengendorkan baud. Maka jalu stang akan ikut berputar, sehingga baud tidak longgar – longgar. Kebetulan pada artikel dan video kali ini kita akan membahas cara melepas jalu stang yang jenis pertam, ok untuk lebih jalasnya langsung saja check it dot.. bro..

Cara Melepas Jalu Stang Sepeda Motor


Untuk melepas jalu stang sepeda motor harus menggunakan mata obeng ketok tumpul atau bisa juga menggunkan impact dengan mata obeng tumpul. Nah, kalau masalah impact gua yakin lo pasti ngga punya he… he… jadi kita akan menggunkan mata obeng ketok tumpul yang biasanya dijula dengan harga Rp 10 ribu. Tapi harus menggunakan alat bantu lainnya yaitu kunci T 8, kunci T 8 ini berfungsi sebagai sambungan dan pegangan saat menggunakan mata obeng ketok tersebut.

Cara melepasnya, pertama – tama harus digetok terlebih dahulu baud jalu stang tersebut, untuk menggetoknya bisa langsung dengan menggunakan palu atau menggunakan kunci T8.

Setelah itu pasang mata obeng ketok pada baud jalu stang dan pukul mata obeng ketok tersebut menggunakan palu, tujuannya supaya mata obeng katok benar – benar presisi.

Kemudian sambung kunci T8 ke mata obeng ketok tersebut, tahan dan putar kunci T 8 kearah kiri atau bisa juga kejutkan kunci T8 kearah kiri.

Tapi kalau cara diatas tidak berhasil maka bisa  mengganti kunci T8 dengan menggunakan obeng ketok.

Nah, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa subcribe, komen, like dan share ya…



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

0 Komentar