Cara Menyetel dan Mengencangkan Rantai Motor Honda Sonic yang Benar

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, selamat datang kembali di blog dan channel otomotif roda dua yang mengupas tips, trik, problem, kelistrikan, engine, dan review motor – motor terbaru. Nah, untuk kali ini kita akan ngomongin cara menyetel kekencangan rantai Honda Sonic 150, untuk menghemat waktu langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini tapi subcribe terlebih dahulu ya bro..

stel kekencangan rantai honda sonic



Ukuran Kekencangan Rantai Motor Honda Sonic

Menyetel rantai speda motor bisa dikatakan gampang – gampang susah, dikatakan gampang karena hanya memutar – mutar mur doan. Dikatakan susah karena jika sampai salah tidak seimbang antara stelan kanan dan kiri akan membuat ban belakang ngegeol / goyang. Selain itu jika stelan rantai terlalu kencang akan membuat rantai putus dan jika terlalu longgar akan membuat rantai lompat dari gear roda belakang. Oleh sebab itu ukuran kekencangan rantai harus diperhatikan dengan teliti, ukuran kekencangan rantai pada sepeda motor yang benar yaitu 15 – 20 mm atau 1,5 – 20 cm.

Cara Menyetel Rantai Motor Honda Sonic

Sediakan terlebih dahulu perlatannya mulai dari kunci ring 14 mm, ring 19 mm, kunci pas 10 mm dan pas 12 mm, untuk kunci pas yang dipakai bisa menggunakan kunci ring. Jika lo tidak memiliki kunci – kunci tersebut, bisa menggunakan kunci ring 10 mm dan ring 12mm.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengendorkan as roda belakang dengan menggunakan kunci ring 14 mm dan ring 19 mm.

Kemudian pisahkan antara mur 12 dan mur 10 dengan menggunakan kunci ring 10 mm dan ring 12 mm, cara memisahkannya pasang semua kunci ring 12 dan ring 10 pada mur. Kemudian gunakan kunci ring 10 untuk memutar mur 10 dan kunci ring 12 untuk menahan mur 12.

Setelah mur 12 dan mur 1m terpisah, maka langksh selanjutnya menyetel kekencangan rantai motor Honda Sonic tersebut. Untuk menyetel kekencangannya bisa memutar mur 12 kearah kanan, usahakan putar mur 12 tersebut secara seimbang anatar mur sebelah kanan dan mur sebelah kiri.

Agar hasil penyetelan maksimal lihat posisi tanda strip pada stelan rantai, bila perlu hitung dan samakan pada posisi strip tersebut.

Jika penyetelannya rantainya sudah pas dan seimbang, maka langkah selanjutnya kencangkan as roda belakang dengan menggunakan kunic ring 14 mm dan ring 19 mm.

Kemudian rapetkan mur 12 mm dan mur 10 mm yang terdapat pada stelan rantai.

Supaya lebih jelasnya langsung saja tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro.

Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.
 



Posting Komentar

0 Komentar