Penyebab Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak dan Starter Menyala Tapi Mesin Tidak Hidup

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, Mohon maaf lahir batin ya bro jika selama ini ada kata – kata yang gua tulis di blog  dan gua ucapkan pada video – video dari  Sejeworks channel. Kesempatan ini kita akan ngomongin dua masalah yang sering kali terjadi pada sepeda motor, seperti starter motor kadang bisa kadang tidak dan starter motor menyala tapi mesin dan kunci kontak dalam kondisi mati / off. Nah dari kedua masalah tersebut memang hampir ada kesamaan tapi ada perbedaan pada penyebab masing – masing masalah tersebut. Untuk masalah persamaan dari masalah tersebut, karena posisinya memang disekitar dinamo starter dan sistem elektrik starter. Sedangkan yang menjadu perbedaannya terletak pada sumber masalahnya, nah biar lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini. 

Sebelum kita ngomongin penyebab starter motor kadang bisa kadang tidak, kita cari tahu dulu apa saja sih komponen – komponen elektrik starter sepeda motor. Perlu diingat part / komponen eletrik starter ini biasanya Komponen / part sistem elektrik starter sepeda motor yaitu aki / accu, sekring / fuse, kunci kontak, saklar / tombol starter, bendik starter, dinamo starter dan jalur kabel dari sistem elektrik starter tersebut. Setelah mengetahui komponen – komponen dari sistem elektrik starter maka kita harus mencari tahu fungsi dari part – part tersebut, nah untuk lebih jelasnya simak artikel ini sampai selesai.

Komponen - Komponen Eletrik Starter Pada Sepeda Motor


Aki / accu berfungsi sebagai sumber tenaga sistem elektrik starter.

Fuse / sekring berfungsi sebagai pemutus arus listrik jika terjadi konsleting / korsleting dan adanya kuat arus yang melebihi nilai kuat arus dari sekring.

Kunci kontak kayaknya lo pada tahu lah bro fungsi dari kunci kontak, jadi gua ngga perlu menjelaskan ya bro…

Tombol starter / saklar starter berfungsi untuk membuka arus listrik dari output kunci kontak, tapi biasanya pada jalur kabel output kunci kontak tersebut akan dipasang fuse 10 ampere. 

Bendik starter / relay starter berfungsi sebagai saklar otomatis karena bendik starter akan mengalirkan arus listrik besar setelah ada pembuka arus listrik kecil. Maksudnya begini bro, saat tombol starter ditekan dan kunci kontak posisi On, maka arus listrik yang berasal dari output kunci kontak akan dihubungkan oleh tombol starter yangg ditekan tersebut. Arus listrik tersebut akan masuk ke bendik starter / relay starter, setelah itu bendik starter akan berbunyi cetak. Hal ini sebagai pertanda bahwa saklar otomatis telah bekerja dan membuka arus listrik besar dari aki / accu ke dinamo starter.

Dinamo starter berfungsi sebagai penggerak kruk as dan pinion starter agar motor bisa langsung hidup tanpa harus mengengkol / slah alias menginjak kick starter. Dinamo starter memanfaatkan arus listrik yang masuk dari bendik untuk mengubahnya menjadi tenaga gerak putar. Didalam dinamo starter terdapat 2 buat magnet 2 angker starter atau arang alias sikat starter, rumah arang starter dan lilitan kawat dinamo starter. 

Penyebab Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak

Dari sedikit penjelasan komponen / part pada sistem elektrik starter kita akan mengetahui kemungkinan part – part apa saja yang sering kali mengalami kerusakan, salah satu diantaranya aki / accu, bendik starter / relay starter dan dinamo starter. Part – part tersebut sering kali mengalami masalah kerusakan dan keausan, sehingga menyebabkan starter motor kadang bisa kadang tidak. Aki / accu yang mulai mengalami keausan atau mulai ngedrop dan akan soak sering kali mengalami gejala starter motor kadang bisa kadang tidak, gejala ini biasanya terjadi saat motor dalam kondisi dingin. Ya bisa dikatakan saat pagi hari atau motor diparkirkan dalam waktu yang lama, maka saat kita menekan tombol starter saat kunci kontak On. Dinamo starter tidak mau berputar, lampu indikator spidometer hanya berkedip dan terdengar bunyi cetak – cetek dari relay starter, jika kondisi motor lo seperti ini maka besar kemungkinan penyebab utamanya berasal dari aki / accu yang mulai ngedrop.

Jika lo kurang yakin dengan hal ini, maka lo bisa mengukur tegangan aki menggunakan avometer atau meminjam aki / accu yang masih ok dari motor lainnya. Aki / accu yang masih dalam kondisi baik mempunyai tengan 12,50 volt saat kunci kontak On dan Off, kemudian saat starter elektrik dinyalakan tengan aki akan turun mentok sampai 11.00 volt. Jika kurang dari 11.00 biasanya starter elektrik tidak bekerja dengan baik.

Starter Menyala tapi Kondisi Mesin tidak Hidup

Selain starter motor kadang bisa kadang tidak, ada juga masalah yang sering kali dialami yaitu dinamo starter berputar atau menyala tapi kondisi kunci kontak Off dan kondisi mesin tidak hidup. Jadi saat mesin mati kunci kontak Off serta semua lampu – lampu mati tapi dinamo starter berputar secara terus menerus, horor … ngga bro ? Untuk sebagian orang hal yang belum mengetahui penyebabnya memang kadang membuat was – was. 

Jika kebetulan lo mengalami hal ini pada motor lo, maka artikel ini layak lo baca dan share ke teman – temen lo bro, penyebab dinamo starter menyala tapi kondisi mesin tidak hidup berasal dari bendik starter yang mengalami korsleting / konsleting. Bendik starter / relay starter yang konsleting akan langsung mengalirkan arus listrik dari accu ke dinamo starter tanpa adanya arus listrik yang berasal dari tombol sterter. Jika kebetulan ada hal yang ingin lo pertanyakan silahkan tinggalkan komen pada video dibawah ini ya bro, tapi sebelumnya tekan tombol subscribe, like dan sharenya.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprek dan salam satu asphal.  
    

Posting Komentar

0 Komentar