Piston Ceket / Ngejim, Ini Biaya Perbaikan Motor Matic Beat FI yang Kehabisan Oli Mesin

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kehabisan oli mesin pada mesin sepeda motor akan membuat banyak masalah, mulai dari piston ceket atau ngejim alias piston terkancing tidak bisa bergerak dibagian cylinder bore. Selain itu ada banyak masalah yang akan ditimbulkan karena kehabisan oli mesin pada mesin sepeda motor, seperti noken as mbaret / terkikis, rocker arm terkikis, keteng / rantai mesin rusak dan masih banyak lagi. Kerusakan karena kehabisan oli mesin tersebut dialami oleh semua jenis sepeda motor, mulai dari tipe bebek (cup), matic dan sport.


kehabiasan oli mesin


Tapi untuk kali ini kita akan lebih fokus ke Honda Beat yang kehabisan oli mesin, yang akan kita bahas mulai dari cara memeperbaikinya, komponen yang rusak jika tidak ada sistem pelumasan (oli mesin). Akibat oli kering pada motor matic dan masih banyak lagi yang akan kita omongin, tapi sebelum kita bahas setajam silet baru beli he… he… Gua mau minta bantuan lo supaya lo subcribe pada channel dan blog ini, ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi dan bisa terus update problem dan solusi bagi para biker semua.

Akibat Oli Mesin Kering atau Habis pada Sepeda Motor Matic


Ada banyak akibat yang akan terjadi pada sepeda motor yang kehabisan oli mesin, mulai dari yang ringan sampai yang terberat. Ok untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro …

Mesin Cepet Panas

Selain berfungsi sebagai pelumasan oli mesin juga mempunyai fungsi sebagai pendingin komponen yang berada didalam mesin, jika mesin tidak ada sedikit pun oli mesin maka suhu mesin akan cepat panas. Kemudian mesin akan mati – matian, untuk akibat oli mesin habis yang paling ringan biasanya mesin masih bisa dihidupkan kembali setelah kondisi mesn dibiarkan dingin.

Suara Mesin Kasar

Suara mesin yang kasar akan terdengar saat oli mesin sudah mulai berkurang takarannnya, pada awalnya saat kondisi takaran oli mesin masih sesuai takarannya suara mesin akan terdengar biasa saja. Tapi setelah menempuh jarak lebih dari 2.000 km dan ditambah lagi sering mengalami macet terutama pada siang hari, oli mesin akan berangsur – angsur berkurang.

Motor Mati Total Seher Ngancing

Piston ceket atau seher ngancing menjadi masalah yang paling berat untuk kehabisan oli mesin, piston ngancing biasanya akan terasa saat kita melakukan kick starter / engkol. Jadi saat posisi kita engkol / kick starter akan terasa sangat keras atau berat, hal inilah yang membuat motor tidak bisa dihidupkan.

Biaya Perbaikan Motor Kehabisan Oli Mesin yang Ngejim / Ceket   


Pada intinya untuk memeperbaiki motor matic yang kehabisan oli mesin, pasti akan melakukan penggantian piston, boring cylinder (ganti baru / korter), paking top set dan  stang seher (crank shaft). Untuk masalah crank shaft ini sangat tergantung dengan piston dan pen piston, jadi selama pen piston bisa dilepas dari crank shaft maka tidak perlu melakukan penggantian crank shaft (stang seher). Untuk lebih jelasnya berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaiki motor matic Honda Beat FI yang kehabisan oli mesin, langsung saja check it dot ya bro..

Piston Honda Beat

Jika kebetulan motor Honda Beat Injeksi mengalami kehabisan oli mesin, maka komponen pertama yang harus diganti adalah piston, karena piston adalah sumber gerak dari mesin. Piston Honda beat injeksi menggunakan kode KZLN dan biasnya dibandrol sekitar Rp 130.000,-  selain itu piston Honda Beat injeksi juga bisa menggunakan piston Honda Beat karbu (KVY), Vario 110 karbu (KVB) dan masih banyak lagi. 

Tapi kalau bisa menggunakan piston originalnya yang menggunakan kode KZLN, karena jika menggunakan piston KVB dan KVY akan membuat kompresi yang lebih padat dari tekanan kompresi bawaan motor. Sehingga akan membuat mesin menjadi noise / menggelitik karena tekanan kompresinya terlalu padat.

Paking Top

Paking / gasket top wajib dilakukan penggantian karena oli mesin yang habis akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas sehingga membuat seal dan paking menjadi rusak. Harga gasket / paking top sendiri dibandrol sekitar Rp 40.000 – Rp 60.000,- hal ini tergantung dari merk dari paking tersebut.

Biaya Bongkar Mesin

Masalah biaya atau ongkos bongkar mesin sebenarnya sangat bervariasi, untuk bongkar mesin atas (hanya penggantian piston) biasanya dibandrol sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000, tapi jika ternyata piston tidak bisa dilepas dari stang seher. Berarti harus melakukan penggantian stang seher / crank shaft, dan biaya untuk melakukan penggantian stang seher akan lebih mahal jika dibandingkan dengan hanya mengganti piston. Biaya mengganti stang seher / crank shaft biasanya dibandrol sekitar Rp 300.000 – Rp 350.000.

Crank Shaft atau Stang Seher

Seperti yang gua jelaskan sebelumnya jika piston bisa dilepas dari stang seher maka tidak perlu melakukan penggantian stang seher. Tapi kalau piston tidak bisa dilepas dari stang seher maka harsu melakukan penggantian stang seher, entah itu ganti stang seher secara assy ataupun pretelan. Harga stang seher assy biasanya dihargai sekitar Rp 450.000, sedangkan jika menggantinya secara pretelan akan dihargaii lebih murah sekitar Rp 250.000.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini dan jangan lupa subcribe terlebih dahulu ya bro… jangan lupa tinggalkan jejak dengan like komen dan sharenya.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor...

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Sya cma kloter tok gak ganti apa2 masa ongkosnya di minta 700 ribu GILA...!!!!

    BalasHapus
  2. Yamaha xeon saya knp aneh ya mas baru 1 bulan turun mesin akibat kehabisan oli ..ini tadi oli juga mau habis pemakaian 1 bulan lbh blm 2 bln turun mesin...

    BalasHapus
  3. Mas kalo motor beat fi ngejim... berapa untuk biaya memperbaiki nya ya

    BalasHapus