Ada banyak pilahan yang bisa lo lakukan, tapi ingat harus memperhatikan kondisi dari rantai tersebut, jika rantai masih bisa distel. Maka lakukan penyetelan. Sementara kalau setelan rantai sudah mentok bisa dilakukan penggantian rantai, tapi kalau mau berniat menunda penggantian untuk waktu semantara bisa dilakukan pemotongan rantai. Gua ingatkan kembali lagi cek terlebih dahulu kekencangan rantai, apakah kenceng – kendor, atau ada mata rantai yang mau putus, sebelum menunda penggantian rantai.
Karena artikel kali ini akan ngomongin cara menyetel rantai yang kendor pada Honda CB150R dan CBR150R, biar lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro sampai selesai. Tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro, ya itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.
Cara Menyetel Rantai Motor Honda CB150R, CBR150 & CB150Verza
Semua kunci sudah siap maka langkah selanjutnya mengendorkan as roda belakang dengan menggunakan kunci ring 17 dan ring 22. Caranya kendorkan mur 22 dengan menggunakan ring 22 mm, ingat putar mur tersebut kearah kiri.
Setelah itu pisahkan mur 10 mm dan 12 mm pada stelan rantai, caranya gunakan kunci pas 12 mm untuk mengganjal mur 12 mm. Kemudian kendorkan mur 10 mm dengan menggunakan kunci pas 10 mm, ingat kendorkan mur tersebut kearah kiri ya bro.
Jika mur 10 mm dan mur 12 mm sudah terdapat jarak, maka langkah selanjutnya menyetel kekencangan rantai roda balakang dengan cara memutar mur 12 mm kearah kanan (mengencangkan).
Perlu diingat dan sangat diperhatikan, putaran mur 12 mm pada stelan rantai harus dalam kondisi seimbang / sama antara mur stelan kanan dan kiri.
Untuk melihat hasil stelan rantai lurus atau tidaknya bisa dengan memperhatikan tanda garis pada masing – masing stelan rantai.
Jika stelan rantai sudah lurus maka langkah berikutnya mengencangkan as roda belakang, denagn mengguankan kunci ring 17 mm dan ring 22 mm.
Usahakan pada saat mengencangkan as roda tidak ada perubahan pada stelan rantai, jika stelan rantai goyang bisa diakali dengan menginjak rem belakang atau mendorong roda belakang dengan menggunakan dengkul.
Ingat kencangkan benar – benar as roda balakang karena torsinya lumayan gede yaitu 80 newton
Supaya ada lebih jelas, langsung saja tonton video berikut ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like dan sharenya.
Akhir kata dari gua, tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.
0 Komentar