Tips Cara Mengganti Rantai Motor serta Gear yang Benar pada Motor Honda Revo Absolute, Blade 110 dan Revo FI

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kembali lagi blog dan channel yusup yang mengupas seluk beluk dunia otomotif roda dua, mulai dari tutorial, kelistrikan, sasis, mesin dan review motor – motor terbaru. Nah kebetulan kali ini kita akan ngomongin cara mengganti rantai dan gear yang benar pada sepeda motor bebek dan kebetulannya lagi Honda Revo 110 Absolute. Karena kita akan mengganti rantai dan gear maka akan ada banyak hal yang bakalan kita lakukan, mulai dari melepas gear depan, melepas gear roda belakang, melepas roda belakang dan melepas sambungan rantai. Banyak banget kan bro, sebenarnya untuk mengganti gear dan rantai pada motor ini merupakan pekerjaan yang gampang – gampang susah. Sebab penggantian gear set berhubungan langsung dengan safety riding, jadi pastikan semua baud terpasang dengan benar dan kencang sesuai torsinya sukur – sukur kasih lebih he…

Sebenarnya Cara Mengganti Rantai dan Gear Set pada sepeda motor menggunakan cara yang sama, walaupun ada perbedaan tapi tidak terlalu terlalu mencolok. Perbedaan tersebut salah satunya pengunci mur gear belakang pada Yamaha yang mengharuskan untuk menggetoknya terlebih dahulu, sementara pada motor Honda tidak menggunakan pengunci mur. Untuk mempersingkat waktu langsung saja check it dot ya bro...

Tips Ganti Rantai Motor dan Gear Motor Honda Revo 110, Revo FI dan Blade 

Sebelum kita mengganti rantai dan gear pada motor – motor tersebut maka kita harus tahu kode part yang dipakai pada motor yang akan kita ganti ini. Karena untuk Honda Revo 110 dan Blade 110 mempunyai 2 kode part, letak perbedaan kode part tersebut ada di panjang rantai. Jadi kalau lo salah beli jangan sampai rantai kurang panjang he… untuk mengatasi hal ini lo bisa melihat pada tulisan manifold karburator. Disitu terdapat kode KWW dan KWB atau dengan melihat stiker spesifikasi rantai yang terletak pada bagian belakang swing arm.

Untuk mengganti rantai dan gear pada 3 motor ini kita memerlukan beberapa kunci / tool yaitu obeng min, tang biasa, kunci T8 mm, T10 mm, T14 mm, kunci pas 12mm , pas 10 mm, kunci ring 14 mm dan ring 19 mm. Kunci pas 12 mm dan pas 10 mm bisa juga menggunakan kunci ring 12 mm dan ring 10 mm. 

Cara Ganti Gear Set Depan

Sebelum kita mengganti gear set depan, maka kita harus melepas cover gear tersebut dengan  menggunakan kunci T8 mm. Pada cover gear tersebut menggunakan 2 buah baud, jika baud cover tersebut masih bawaan pabrik maka menggunakan kepala 8 mm. Tapi kalau sudah dilakukan penggantian maka ukuran baudnya menggunakan baud 10 mm, setelah itu tarik cover gear depan untuk melepasnya.

Selajutnya akan kelihatan gear depan, untuk melepas gear depan tersebut caranya mudah yaitu, masukan gigi perseneling agar posisi gear depan tidak berputar. Gunakan kunci T 10 mm untuk melepas gear depan tersebut, kemudian putar stoper gear depan agar tidak segaris dengan gear transmisi dan gunakan obeng min untuk mencongkel serta melepas stopper gear depan. Setelah itu tarik gear kedapan dan ganti dengan gear baru, jangan lupa pasang kembali stoper gear depan dan putar 7,5 derajat agar gear depan terkunci. Jika gear depan dan stoper gear sudah sejajar tegak lurus, setelah itu pasang baud 10 mm dan kencangkan baud 10 tersebut. Cara mengencangkan baud 10 tersebut dengan mengganjal gear depan baru dengan gear depan bekas, tujunnnya supaya saat kita memutar baud posisis gear depan tidak ikut berputar. 

Cara Melepas Sambungan Rantai

Untuk melepas sambungan rantai diperlukan tang biasa, caranya cukup mudah yaitu dengan menggigit bagian bawah sambungan dengan selongsong pin rantai. Maka sambungan rantai akan terdorong  kesisi berlawanan sehingga bisa dilepaskan dari pengunci rantai tersebut.

Cara Melepas Gear Roda Belakang

Gunakan kunci T 14 mm untu melepas gear roda belakang yang menggunakan mur ukuran 14 mm, cara melepas mur pengunci gear tersebut bisa dilakukan secara langsung  tanpa harus melepas dan menurunkan roda belakang terlebih dahulu. Jadi kita menggunakan swing arm sebagai stoper / tahanan saat melepas gear belakang.

Cara Melepas Roda Belakang Motor Bebek

Melepas roda belakang motor bebek Honda Revo 110, Blade 110 dan Revo injeksi bisa menggunakan kunci ring 14 mm dan ring 19 mm. Ring 14 digunakan untuk menahan as roda balakang, sedangkan ring 19 mm digunakan untuk memutar mur as roda belakang. Jika  mur as rooda sudah terlepas, maka tarik as roda belakang, maka bosh roda belakang akan terjatuh dan perhatikan posisi bosh roda belakang jangan sampai tertukar.

Cara Memasang dan Menyetel Rantai Motor yang Benar 

Untuk memasang sambungan rantai hal pertama yang dilakukan yaitu dekatkan kedua sisi rantai, kemudian masukan sambungan rantai dari sisi bagian dalam. Kemudian pasang kuningan pengunci dan ingat bagian terluar terdapat tulisan, langkah terakhir pasang klip pengunci dengan sesuai dengan putaran rantai dengan menggunakan tang.

Kebetulan untuk prakteknya lo bisa tonton video dibawah ini ya bro, tapi sebelumnya subscribe like dan komennya bro…




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu… wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar