Cara Melepas As & Merawat Bosh Swing Arm Honda CRF150L, Verza 150 dan CB 150 Verza

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, swing arm atau lengan anyun sering kali mengalami masalah yang cukup membuat kendaraan kurang nyaman untuk diajak terbang – terbang, eh.. sorry diajak jalan maksudnya. 


Bosh swing arrm yang rusak akan membuat bagian belakang motor bergoyang dan menjadikan laju motor menjadi tidak stabil. Bentuk bosh / bushing swing arm pada Honda CRF150L, Verza dan CB150Verza menggunakan bearing bambu, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan motor – motor Sport Honda keluaran lama yang menggunakan bosh dari karet. Karena kita sedang fokus ngomongin bosh swing arm Honda CRF150L dan teman – temannya, maka kita kesampingkan motor sport Honda lainnya.

Cara Melepas AS Swing Arm Honda CRF150L, Veerza150 dan CB150Verza


Untuk melapas as swing arm motor – motor tersebut, caranya dengan mengendorkan baud 17 dan mur 22 mm. Tapi yang menjadi masalah, jika as swing arm motor tersebut tidak bisa didorong keluar dari dalam swing arm. Hal seperti ini yang membuat lama pengerjaan pembersihan dan penggantian bosh swing arm, untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan penyemprotan dengan menggunakan WD 40 atau cairan sejenisnya. Jika as swing arm masih susah untuk dilepas maka bisa dengan memanaskan as swing arm tersebut dengan menggunakan gas portable, tapi cara ini kadang menimbulkan bercak hitam pada besi dan kadang melupas cat.

Cara Merawat Bosh / Bushing Swing Arm Honda CRF150L, Verza 150 dan CB150Verza

Bosh swing arm Honda CRF150L, Verza150 dan CB150Verza menggunakan bearing bambu yang ditutup dengan seal debu. Bearing bambu tersebut terdapat pada setiap sisi kanan dan kiri  dari swing arm, pada bagian dalam bearing bambu terdapat collar panjang yang menghubungkan antara kedua bearing bambu. Di dalam colar terdapat as swing arm yang menjadi pengikat antara swing arm dengan sasis / kerangka dari Honda CRF150L, Verza 150 dan CB150Verza.

Setelah mengetahui bentuk dari swing arm motor tersebut maka kita bisa melakukan perawatan secara rutin dengan melakukan pelumasan dan pembersihan karat. Tujuannnya agar bearing bambu pada swing arm tidak cepat rusak dan berkarat. Supaya lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan komen like dan share ya bro…





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan dan hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor.. wor.. 

Posting Komentar

0 Komentar