Cara Memperbaiki Speedometer Motor Honda BeAT Injeksi, Esp dan POP

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, speedometer merupakan indikator untuk mengukur kecepatan motor. Pada speedometer Honda BeAT injeksi, BeAT eSp dan BeAT POP masih menggunakan sisttem kerja secara mekanis, sehingga masih menggunakan garak putar dan gaya gesek dari masing – masing part. Sementara untuk Honda BeAT New Esp dan BeAT LED 2020 sudah menggunakan sensor kecepatan yang terspasang pada bagian transmisi belakang, sehingga tidak menggunakan kabel kilometer dan gearbox.

Pada motor yang menggunakan sistem kerja mekanis untuk mengukur kecepatan motor, biasanya menggunakan beberapa part / komponen diantaranya kabel kilometer, gearbox, speedometer assy dan plat dudukan velg. Untuk mempersingkat waktu langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro… jika ada pertanyaan jangan lupa tinggalkan pada video dibawah ini.


Cara Memperbaiki Speedometer Honda BeAT yang Tidak Berputar


Ada 3 penyebab speedometer Honda BeAT yang tidak berputar, diantaranya dari kabel speedometer yang putus, gearbox rusak dan indikator speedometer assy yang rusak. Dari ketiganya tidak semuanya mengalami kerusakan, tapi part yang sering kali rusak kabel kilometer dan gearbox. Sebelum kita memperbaiki speedometer Honda BeAT, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu, untuk mempersingkat waktu langsung saja kita cek terlebih dahulu ya bro..


cara memperbaiki kabel kilometer beat injeksi



Lepaskan kabel kilometer dari sisi bagian bawah dekat gearbox speedometer, caranya cukup mencongkel kearah luar posisi kabel kilometer dengan memakai obeng min (-). Saat mencongkel kabel kilometer harus dibarengi dengan menariknya keluar dari dudukan gearbox.

Setelah itu perhatikan apakah bagian kawat dari kabel kilometer patah atau putus ?, selain itu kawat kebel kilometer yang keras tidak bisa diplintir / putar juga menjadi penyebab kabel kilometer tidak berputar.

Cek kondisi gearbox, jika ada bagian kawat kabel kilometer yang menempel didalam gearbox, maka keluarkan serpihan kawat tersebut. Periksa juga kondisi gear plastik (warna putih) pada gearbox tersebut, jika kondisi gear plastik terkikis maka ganti gearbox secara assy atau mengganti gear plastik tersebut.

Langkah selanjutnya lepas cover speedometer atau batok atas, caranya cukup melepas 4 baud cover dengan menggunakan obeng plus (+).

Setelah itu lepas kabel kilometer dengan menggunakan tang, cara melepasnya cukup dengan menjepitkan tang pada kabel kilometer dan memutarnya kearah kiri. Maka kabel kilometer bisa terlepas dari speedometer assy dan bisa ditarik kebawah dari jalur kabel tersebut.

Jika kabel kilometer sudah bisa dilepas dari jalurnya maka perhatikan benar – benar jalur tersebut, sebab salah pemasangan jalur kabel kilometer akan membuat motor susah digerakan kekanan dan kiri.

Jika jalur kabel kilometer sudah pada posisinya, langkah selanjutnya memasang bagian atas kebel kilometer dengan cara mengulirkannya ke speedometer assy. Jangan lupa gunakan tang untuk mengencangkan bagian ulir tersebut, supaya tidak lepas dikemudian hari.

Untuk pengecekan kinerja kabel kilometer dan speedometer assy, caranya bisa dilakukan dengan memelintir kawat kabel kilometer bagian bawah dengan menggunakan tangan. Jike jarum kabel kilometer bisa bergerak, berarti tidak ada masalah antara kebel kilometer dan speedometer assy.

Langkah terakhir masukan kabel kilometer bagian bawah ke dalam gearbox, jangan lupa lakukan pengecekan dengan cara mutar – roda depan dengan posisi standar tengah atau langsung lakukan test drive.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan cara komen, like dan sharenya ya bro…



Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormatai para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal… wor… wor..

Posting Komentar

0 Komentar