Fungsi dan Akibat Air Radiator Habis Pada Sepeda Motor

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, air radiator atau biasa disebut coolant adalah cairan pendingan mesin yang berada pada radiator, selang radiator dan dinding – dinding cylinder bore atau water jacket. Fungsi air raditor pada mesin sepeda motor untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil, sehingga tidak terjadi overheating / panas berlebih. Mesin sepeda motor yang mengalami panas berlebih akan mengalami banyak kerugian, seperti bahan bakar menjadi boros, suara mesin menjadi kasar, tenaga mesin ngedrop, oli mesin cepat habis dan membuat mesin cepat rusak.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya perhatikan volume coolant / air radiator yang terdapat pada reservoir dan tabung radiator, tujuannya untuk menghindari volume air radiator yang telah berkurang dan habis. Pengecekan dan penambahan coolant / air raditor bisa dilakukan setiap 3- 4 bulan sekali, selain itu lakukan pengurasan / penggantian coolant setiap 18 bulan sekali. Ada banyak hal yang bisa diakibatkan dari air radiator yang habis, nah biar lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro… Tidak ketinggalan juga ditunggu komen, like dan sharenya… ok langsung saja check it dot.

Akibat Air Radiator Habis 


Air radiator yang habis akan berakibat langsung ke mesin kalau kondisi tersebut dibiarkan saja tanpa adanya perbaikan. Akibat dari air radiator yang habis bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu ringan dan berat. Nah, biar lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro …

Akibat Ringan Air Radiator Habis

Overheating adalah hal ringan yang terjadi jika air radiator habis, overheating atau suhu panas berlebih pada mesin biasanya akan ditandai dengan lampu indikator mesin yang menyala merah. Jika motor mengalami overhaeting dibiarkan secara terus menerus maka akan membuat motor sering mogok dan mati – matian, tapi biasanya motor akan hidup kembali setelah kondisi mesin dingin.

Akibat Paling Berat Air Radiator Habis

Sedangkan akibat paling berat jika air radiator habis yaitu overheating yang diikuti dengan piston ngancing / ceket, hal ini akan sangat berbahaya bagi mesin. Karena mesin tidak akan bisa lagi dihidupkan kecuali dilakukan bongkar mesin dan melakukan penggantian komponen mesin seperti piston, cylinder bore (bisa korter / ganti baru) dan masih banyak komponen lainnnya. Penggantian part pada motor yang mengalami overheating akan mempunyai beberapa perbedaan, hal ini disebabkan karena jenis motor, kerusakan motor dan penggunan spare part original / KW. 

Supaya lebih jelasnya tonton video dibawah ini bro, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komen pada video tersebut.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal... 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kalo mesin motor mx new saat panas mesin mati dan dingin normal kmbali, padahal radiator full, itu gimna ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut bantu jwb bang, biasa gejala koil. Koil lemah pengapian hilang d wkt panas mesin

      Hapus