Penyebab Serta Cara Memperbaiki Rem Cakram Depan Seret, Macet Saat Posisi Motor Mundur

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, rem cakram sering kali mengalami banyak masalah mulai dari rem cakram depan yang seret, macet, kurang empuk, keras dan ngelos atau blong. Setiap masalah pada rem cakram mempunyai penyebab dan solusi yang berbeda tergantung kerusakan dan penyebabnya, kesempatan kali ini kita akan ngomongin cara memperbaiki rem cakram depan yang seret saat posisi motor mundur dan lancar saat posisi motor maju. Jika lo kebetulan mengelami masalah pada rem cakram depan maka baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton videonya, jika masih kurang jelas silahkan tinggalkan komentar pada video dibawah ini.

Kebetulan untuk artikel kali ini kita akan lebih fokus ngomongin rem cekram depan sepeda motor yang seret dan macet saat motor mundur. Jadi posisi lo parkir dan manarik motor lo mundur kebelakang, sepeda motor akan terasa sangat berat. Hal ini akan berbanding terbailik saat lo mendorong motor maju kedepan, motor tidak akan tidak akan terasa berat dan rem rem seret atau macet.




Perlu diketahui penyebab rem cakram depan terasa seret, macet ada banyak sekali, seperti minyak rem yang terlalu banyak, piringan cakram yang terkikis / aus, breket rem yang berkarat, piston caliper yang tidak bisa gerak, seal piston caliper yang mekar atau rusak, selain itu penyebab lainnya karena breket caliper yang bengkok. Penyebab breket caliper / kepala babi yang bengkok biasanya diakibatkan karena motor pernah jatuh, lupa tidak melepas gembok yang dipasang dipiringan cakram dan breket caliper rem digetok – getok. Ok, langsung saja check it dot bro … mari kita bahas lebih jelas satu persatu.

Penyebab Rem Cakram Depan Seret dan Macet


Bekas Jatuh

Motor yang pernah crash sering kali mengalami rem cakram depan yang menjadi seret dan macet, lebih parah lagi motor yang terkena benturan / tertabrak dibagian rem depan. Tapi kerusakan yang dialami pada motor yang crash biasanya lebih banyak tidak hanya terjadi pada sistem pengereman.

Pasang Gembok

Pemasangan gembok pada piringan cakram cukup berbahaya bagi biker sendiri, terkadang kita sering kali lupa kalau gembok belum dilepas dari piringan cakram dan motor langsung kita pakai buat jalan. Akibatnya gembok yang berada dipiringan cakram tersebut akan berbenturan dan menabrak caliper rem, sehingga piringan cakram dan braket caliper rem menjadi bengkok.

Breket Caliper Bengkok

Nah untuk yang satu ini historynya lumayan panjang, jadi dimulai dari rem depan yang tidak pernah dirawat dan dibersihkan selama 1 tahun lebih. Kemudian kampas rem cakram habis dan dilakukan penggantian kampas rem, tapi ternyata braket caliper rem sangat seret atau macet karena karat. Untuk melepas braket caliper rem yang seret tersebut biasanya kita menggetok braket tersebut dengan menggunakan kunci T, tapi sering kali braket caliper rem tersebut sangatlah sulit untuk dilepaskan. Sehingga kita akan menggetoknya dengan sekuat tenaga untuk melepaskan braket caliper rem, tapi saat kita menggetok braket tersebut maka akan menimbulkan kerusakan pada braket tersebut. 

Cara Mengatasi Rem Depan Macet dan Seret Saat Mundur


Untuk mengatasi breket kaliper rem yang seret solusinya ada yaitu, mengganti bareket caliper rem baru atau dengan mereparasinya untuk sementara, sementahun dan selamanya. Braket caliper rem baru harganya sekitar Rp 300 ribuan dan untuk memperolehnya lo harus datang ke bengkel resmi dan membelinya disana, tapi jangan harap barangnya langsung tersedia. Kalau memang tersedia lo sedang beruntung banget bro, tapi pada umumnya lo harus pesan barang terlebih dahulu dan menunggu barang datang sekitar 1 minggu sampai satu bulan.

Sementara kalau lo mau mereparasinya bisa dilakukan dengan dua cara, pertama luruskan kembali braket caliper rem tersebut dengan menggunakan palu atau alat pres. Sedangkan untuk cara kedua bisa dengan mengganjal braket caliper rem dengan menggunakan ring busi. Caranya cukup mudah untuk mengganjal braket caliper rem, pertama – tama lepaskan baud braket caliper bagian bawah dengan menggunakan kunci L bintang 6, kemudian kendorkan baud braket bagian atas untuk mempermudah sat kita memasukan ring busi. Setelah ring busi terpasang maka langkah selanjutnya pasang dan kencangkan kembali baud caliper, nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa susbcribe terlebih dahulu ya bro…




Akhir kata dari gua tetep keep ridng no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal…   

Posting Komentar

1 Komentar

  1. salam, makasih atas beritanya, benar-benar berguna sekali. mudah-mudahan dapat bermanfaat juga untuk yang lain, jangan lupa kunjungi situs aku di motor klx

    BalasHapus