Alasan Memilih Honda Grand Sebagai Motor Bebek Jadul Paling Irit dan Paling Bandel Se Dunia

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, yang asik memang asik adalah jargon bagi para biker’s yang menggunakan motor – motor jaman dulu alias jadul. Sekarang ini banyak sekali para biker’s yang berubah haluan sebagai pengguna motor – motor keluaran lawas, jika ditanyakan apa sebabnya ? Kayaknya gua ngga bisa menjawab detailnya bro, karena setiap orang pasti mempunyai alasannya masing – masing. Untuk kali ini kita akan ngomongin motor bebek jadul yang paling irit, paling bandel dan pastinya mempunyai  tenaga yang lumayan meladeni motor – motor keluaran terbaru. Tapi untuk motor yang volume cylinder atau cc nya hampir sama dan ngga beda jauh ya bro…




Dari kriteria diatas maka pilihan yang paling tepat akan jatuh ke Honda Grand, dengan basic mesin C series dan mempunyai banyak saudara mulai dari Supra 100, Supra Fit, Fit X, Win 100. jadi tak perlu bingung untuk mencari suku cadang / part – part motor tersebut. Karena motor – motor ini bisa saling substitusi, tapi ada beberapa perbedaan pada motor dengan kode mesin C series tersebut. Salah satunya seperti panjang keteng (rantai mesin), panjang langkah dan panjang rantai roda, sementara untuk urusan kelistrikan bisa dilakukan substitusi. Seperti halnya kiprok, koil, CDI, flasher, bendix, dan spul magnet, nah jika lo berniat untuk meminang Honda Grand sebagai sarana transportasi harian maka baca artikel ini sampai selesai ya bro. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada video dibawah ini ya bro, jangan lupa like, share dan subscribenya bro..


5 Alasan Memilih Honda Grand sebagai Motor Bebek Jadul Paling Irit dan Paling Bandel


Mesin yang Kuat dan Bandel

Mesin motor Honda C series sudah sangat terkenal daya tahan dan tenaganya, lihat saja para tukang ojek, tukang galon, warung – warung klontong pasti menggunakan Honda yang menggunakan mesin C series sebagai motor untuk wara - wiri. Walaupun keadaan motornya sudah tidak layak jalan tapi nyatanya motor tersebut masih bisa digunakan untuk sarana transportasi, sepeda motor dengan diameter piston 50 mm cukup enteng untuk berlari dengan kecepatan 80 km/jam. Ya walaupun jeritan mesinnya akan sangat terasa he… tapi kenyataannya pada jamannya motor ini bisa bikin mata berair jika dibawa ngebut.   

Sistem Kelistrikan yang Simpel

Komponen kelistrikan pada motor Honda Grand menggunakan jenis sistem pengapian AC dan sistem penerangan AC, jadi secara otomatis motor tersebut tidak membutuhkan batrey / aki sebagai sumber tenaga. Sebab motor tersebut menggunakan spul sebagai sumber tenaga pengapian dan penerangan sepeda motor, selain itu motor ini mempunyai banyak sekali part – part substitusi yang berdar dipasaran. Bisa memakai merk original motor lain, part kw dan masih banyak lagi, untuk masalah harga spare partnya juga masih ramah dikantong bro dan ngga bikin kantong jebol. 

Tidak Boros Bensin

Jika karburator masih dalam keadaan normal motor Honda Grand sangatlah irit bro, tapi balik lagi tergantung dengan penyetelan karburator. Karena jika dibandingkan dengan motor yang CC nya lebih besar akan sangat mencolok ukuran dari skep karburator Honda Grand.

Spare Part yang Banyak di Pasaran

Membeli motor juga harus memikirkan after salesnya mulai dari ketersedian part, bengkel atau mekanik yang bisa menangani motor tersebut. Untuk Honda kayaknya masuk kes etiap bengkel bakalan diterima, karena motor ini sangatlah familiar bagi para mekanik. Tapi jangan servis motor ini dibengkel resmi tetangga ya bro, kayaknya bakalan jadio tranding.  

Body yang Tidak Termakan Jaman 
Jika dibandingkan dengan motor – motor pada zamannya, Honda Grand mempunyai body yang serba kotak dan kaku. Berbeda dengan motor – motor lainnya yang mempunyai body lancip, hal ini yang membuat Honda Grand mempunyai kesan antimainstream.

Nah, jika lo benar -benar meminang Honda Grand sebagai motor harian lo, maka langkah yang harus dilakukan adalah pengecekan mesin – mesin. Pastikan motor Honda Grand yang akan lo pinang tidak rembes oli mesin, sebab sesuai dengan umurnya motor yang dikeluarkan pada awal tahun 1990 an ini. Pasti telah mempunyai jam terbang yang banyak sehingga banyak PR yang harus dikerjakan, seperti komponen kelistrikan mulai dari spul, CDI, koil, kiprok dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa subscribe terlebih dahulu ya bro.




Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal selalu.      

Posting Komentar

0 Komentar