Cara Kuras atau Mengganti Air Radiator Yamaha Jupiter MX 135 dan Yamaha Vixion Old

Sejeworks – salam oprex dan salam satu asphal, air radiator bagi motor – motor berpendingin liquid coolant atau berpendingin cair, sangatlah penting bagi daya tahan dan performa mesin. Dimana air raditor berfungsi sebagai penjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak melebihi batas panas suhu mesin. Suhu mesin yang melebihi 150 derajat celcius akan membuat mesin overheating (panas berlebih), tenaga mesin ngedrop, motor mogok dan paling parah akan membuat piston ngancing atau ceket. Jika piston ngancing atau ceket solusinya hanya satu, yaitu bongkar mesin ganti piston, cylinder comp / boring cylinder dan terkadang connecting rod / stang seher juga harus diganti.

Nah, jika kebetulan lo pemakai Yamaha Jupiter MX dan Vixion Old, artikel ini harus lo banca sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro… Tinggalkan komen, like, share dan subscribnye ya bro… ya itung – itung lo bantuin gua, supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. Langsung saja check it dot ya bro…


Cara Servis Serta Ganti Air Radiator Yamaha Jupiter MX dan Vixion

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan peralatan untuk mengganti air radiator Yamaha Jupiter MX. Alat yang dibutuhkan yaitu kunci T10, kunci L4 dan obeng plus.

Sebelum kita mengganti dan menguras air radiator Yamaha Jupiter MX 135, terlebih dahulu lepas cover body sebelah kanan dan kiri motor tersebut. Tujuannya supaya reservoir, radiator dan tutup raditor terlihat dengan jelas, selain itu pekerjaan akan lebih mudah.

Kemudian lepaskan baud 10 yang posisinya berada dibagian bawah cylinder comp dengan menggunakan kunci T10. Baud tersebut terdapat ring tembaga, jadi jangan sampai hilang ring tembaga tersebut.

Setelah baud 10 mm terlepas maka air radiator akan keluar secara perlahan, kemudian putar tutup radiator ke arah kiri sampai terlepas agar air radiator akan keluar dengan deras.

Jika semua air radiator sudah keluar semua maka pasang baud 10 mm beserta ring tembaganya ke cylinder comp / blok silinder.

Kemudian isi air radiator / coolant ke dalam radiator sampai penuh, setelah itu hidupkan motor sekitar 5 menit. Tujuannya agar udara palsu didalam radiator menghilang, langkah tersebut harus dilakukan.

Setelah motor 5 menit dihidupkan, pasang kembali tutup radiator ke radiator dengan cara memutarnya kearah kanan.

Langkah berikutnya menguras reservoir / tangki cadangan radiator, caranya cukuplah mudah yaitu, lepaskan 2 baud 10 mm yang menempel direservoir kemudian balik reservoir tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan, komen, like, share dan subscribenya ya bro…



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. 

Posting Komentar

1 Komentar