Cara Memperbaiki Swit Rem Depan yang Tidak Menyala

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, swit rem depan yang bunyinya klik – klik seperti mouse komputer saat handel rem ditarik akan membuat lampu rem belakang menyala. Tapi terkadang saat kita menarik handel rem depan, lampu rem belakang tidak menyala ?, nah hal ini lah yang akan dibahas oleh kita untuk kali ini. Penyebab lampu rem belakang tidak menyala ada banyak sekali bro, seperti jalur kabel rem putus, piting lampu belakang rusak, bohlam lampu putus dan swit rem depan rusak. Dari beberapa faktor tersebut kita tidak akan membahasnya satu persatu, tapi kita akan fokus ngomongin swit rem depan yang rusak.




Harus tahu ini bro, harga swit rem depan asli sekitar Rp 65.000, bahkan bisa lebih, yang bener bro ? “Temen gua beli swit rem depan harganya paling Rp 10.000”. Itu yang palsu, “tapi bungkusnya Honda”, nah… kayaknya akan timbul percakapan seperti ini dan saling mencari siapa yang benar he… he… Harga swit rem depan ori motor Honda BeAT, Vario, Spacy, Scoopy, CB150R, CBR150R, CRF150L dan Verza sekitar Rp 65.000, selain itu swit rem depan model ini bisa dipakai untuk motor – motor Suzuki dan Kawasaki. Sedangkan untuk motor Yamaha menggunakan swit rem depan dengan model yang berbeda, perbedaan ini disebabkan karena Yamaha memakai Akebono Brake untuk urusan pengereman.

Cara Memperbaiki Swit Rem Depan


Sebelum kita memperbaiki swit rem depan, langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu melepas swit rem depan tersebut dari master rem. Lebih tepasnya berada dibawah master rem, caranya cukup melepas 1 baud plus yang mengaitkan swit rem dengan master rem.

Setelah itu lepaskan 2 kebel yang menempel pada swit rem depan, selain itu lakukan pengecekan dengan jamper / sambung 2 kebel tersebut. Saat menjamper 2 kabel yang terhubung dengan swit rem depan, lampu rem belakang harus menyala. Jika lampu belakang tidak menyala maka kemungkinan besar lampu rem putus, piting lampu rusak dan kabel lampu rem terputus.

Jika lampu rem menyala saat menjamper kabel swit rem depan, maka keruskan terjadi pada swit rem tersebut. Untuk memperbaik swit rem depan bisa dengan cara membersihkan pada setiap ujung kawat tembaga yang berada didalam swit rem.

Hal pertama yang harus dilakukan dengan membuka cover plastik swit rem depan, caranya bisa dengan mencongkel cover tersebut dengan menggunakan obeng min kecil / stelan angin. Hati – hati saat mencongkel swit rem tersebut, jangan sampai stelan angin mengenai tangan ataupun merusak cover swit rem depan.

Jika swit rem depan sudah terlepas maka langkah selanjutnya melepas kawat tembaga dan membersihkan kawat tembaga dari kotoran dan karat. Untuk melepas kawat tembaga caranya bisa dengan mencongkelnya dengan memakai stelan angin / obeng min kecil.

Nah, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro…


    


Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal… wor… wor... 

Posting Komentar

0 Komentar