Minyak Rem Bocor, Fungsi dan Tanda Seal Master Rem Rusak

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, minyak rem dan seal master adalah komponen yang saling terkait satu sama lainnya. Sebab kedua komponen ini berada dalam sistem pengereman hidrolik atau biasa kita sebut rem cakram. Rem cakram menggunakan dasar dari Hukum Pascal, yang kebetulan diterapkan pada sistem pengereman. Pada rem cakram akan menggunakan minyak rem (zat cair) sebagai media untuk ditekan oleh gerakan tuas handel rem, yang kemudian akan menekan seal master rem. Dan seal master rem akan menekan minyak rem, hingga akhirnya minyak rem mendorong piston caliper untuk menekan kampas rem dan piringan cakram.

Jika minyak rem bocor maka tidak akan ada tekanan zat cair dalam ruangan tertutup, sehingga saat kita menekan handel rem. Rem cakram akan terasa ngelos atau blong, hal ini akan sangat berbahaya sekali bagi para biker’s jika memaksakan motornya untuk melakukan perjalanan. Untuk itu sebagai biker’s yang setiap hari kita memakai motor tersebut harus paham dan cepat tanggap, jika mengalami hal tersebut. Nah, untuk mempersingkat waktu langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini. Tapi jangan lupa tinggalkan susbcribe, like, komen dan sharenya, ya… itung – itung lo bantuin gua supaya blog dan channel ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi. 

Fungsi Seal Master Rem dan Penyebab Seal Master Rem Cepat Rusak


Seal master rem berada didalam master rem, lebih tepatnya dibelakang handel rem jika rem tersebut rem cakram depan. Seal master rm berfungsi sebagai komponen untuk memompa minyak rem setelah handel rem ditarik, dan minyak rem akan mendorong piston caliper yang letaknya ada dibawah caliper / kepala babi. Saat piston kaliper terdorong keluar, maka kampas rema akan menekan piringan cakram, sehingga kecepetan speda motor akan berkurang.

Seal master merupakan komponen yang bisa rusak, penyebanya bisa karena jamur yang menempel pada seal master, motor terjatuh dan handel rem membentur jalan atau asphal dengan keras. Selain itu master rem yang lubangnya sudah tidak presisi atau aus, akan lebih cepat membuat seal master rem cepat rusak. Biasanya seal master rem akan berumur lebih dari 3 tahun, jika seal master rem yang digunakan original dan motor tidak sering terkana air hujan pada bagian pengereman. Air hujan bersifat asam, sehingga seringkali membuat karat dan jamur pada seal master rem. Jadi pikirkan dengan matang jika mau memparkirkan kendaraan lo, untuk waktu yang cukup lama.


Cara Merawat Seal Mater Rem Cakram


Untuk merawat seal master rem cakram, caranya sengatlah mudah bro… cukap dengan menguras minyak rem secara berkala yaitu setiap 1 tahun sekali atau setiap 12 ribu kilometer. Selain itu sering lah membersihkan kampas rem dan piston rem, tidak ketinggalan juga lumasin breket caliper rem.

Tanda Seal Mater Rem Cakram Rusak


Handel Rem Terasa Keras (Mbagel)

Tanda yang paling ringan jika seal master rusak yaitu handel rem terasa keras atau biasa disebut mbagel, hal ini sebagai indikasi awal adanya jamur didalam seal master. Tapi jika kondisi jamur masih sedikit, seal master masih bisa diperbaiki bisa dengan membongkar seal master rem tersebut kemudian mencucinya sampai bersih dengan menggunakan air. Tapi cara ini lumayan beresiko merusak komponen lain sperti sirklip pengunci, cara yang paling mudah untuk memeperbaiki handel rem yang terasa mbagel / keras yaitu memutar seal master. Caranya cukup melepas handel rem dan memutar seal master sebanyak 90 derajat.

Rem Tidak Pakem atau Blong

Rem yang tidak pakem atau blong disebabkan hendel rem yang keras, merupakan ciri – ciri seal master rem rusak. Jadi saat kita melakukan pengereman handel rem akan terasa sangat keras dari bisanya, selain itu roda depan akan terasa ngelos atau blong dan roda tidak akan mengurangi kecepatan laju dari kendaraan.

Rem Kadang Keras dan Kadang Ngempos

Saat handel rem ditarik maka rem akan terasa pakam dan kadang ngempos atau ngelos sampai grip gas, jika hal ini terjadi penyebabnya ada dua kemungkinan. Yang pertama rem cakram masuk angin atau ada udara diselang minyak rem, solusinya dengan melakukan bleeding / kuras minyak rem. Kemungkinan yang kedua bisa disebabkan karena seal master rem cakram sudah mulai aus / rusak.

Handel Rem Ngempos Banget

Nah ini akibat yang paling parah jika seal master rem rusak, saat handel rem ditarik rem cakram depan akan terasa ngelos dan kadang menyentuh grip gas. Penyebab ngelos tersebut karena seal master sobek, terkikis dan berjamur, jika kondisi motor lo sudah seperti ini maka segera lakukan penggantian seal master rem. 

Minyak Rem Bocor

Jika dari ke 4 ciri – ciri diatas biker’s tersebut tidak paham (ngeh) dengan kondisi adanya masalah pada sistem pengeremannya, maka biasanya biker’s tersebut akan menyadarinya jika ada tumpahan atau tetesan minyak rem yang mengenai celana ataupun baju dari biker’s tersebut. Hal ini tidak bisa disalahkan karena setiap biker’s mempunyai feeling yang berbeda – beda dalam berkendara, ada yang masih gejala seal master rusak langsung paham. Dan ada pula yang menunggu sampai komponen tersebut benar – benar rusak, kemudian biker’s tersebut menyadari ada keadaan abnormal.

Untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro, dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan subscribe ya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.       

Posting Komentar

0 Komentar