Penyebab & Cara Memperbaiki Spidometer Honda New Supra X 125 FI, Revo FI serta Blade 125

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, spidometer merukan komponen pada sepeda motor yang berfungsi mengukur kecepatan kendaraan dan biasanya menggunakan satuan km/jam untuk sepeda motor di Indonesia. Dari pengukuran kecepatan tersebut akan menghasilkan jumlah jarak tempuh total dari kendaraan, dan biasa disebut sebagai odometer. Kebetulan kali ini kita akan ngomongin masalah yang sering kali terjadi pada spidometer Honda New Supra X 125 FI, Revo FI, dan Blade 125 FI, sebenarnya cara ini bisa dipakai untuk motor Honda Revo karburator dan Blade karburator.

Kebetulan spidometer Honda New Supra X 125 FI dan teman – temannya yang gua menggunakan sistem elektromekanik, dimana sistem ini menggabungkan antara gerak mekanis dari putara roda depan yang memutar gigi nanas pada gearbox. Kemudian putaran gigi nanas gearbox akan disalurkan ke kabel kilometer yang berbentuk kawat, dari kawat tersebut akan memutar spidometer assy. Sedangkan pada spidometer Honda Supra X 125 karbu dan Supra X 125 FI generasi pertama telah menggunakan spidometer dengan sistem elektronik, sehingga ada perbedaan komponen dalam sistem penunjuk kecepatan tersebut. Komponen tersebut diantaranya sensor kecepatan yang terletak dibagian atas kruk as (poros engkol), jadi sensor kecepatan tersebut akan membaca berapa banyak putaran poros engkol dan dikirimkan ke spidometer assy dan ditampilkan dalam bentuk analog.



Karena kita akan membahas spidometer New Honda Supra X 125 Fi, maka kita akan kesampingkan terlebih dahulu Honda Supra X 125 karburator dan Supra FI generasi pertama. Setelah kita mengetahui cara kerja dari spidometer Honda New Supra X 125, maka dengan mudah kita akan mengetahui penyebab spidometer tidak berputar. Ok, untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro… tapi jangan lupa tonton video dibawah ini dan bantu channel ini dengan subscribe terlebih dahulu ya bro.

 

Penyebab dan Cara Memperbaiki Spidometer yang Tidak Berputar 


Kabel Kilometer Putus dan Terlalu Panjang 

Kondisi kabel kilometer yang putus akan membuat spidometer tidak berputar sama sekali, jika kabel kilometer tersebut tidak putus dan ternyata spidometer tidak berputar. Maka besar  kemungkinan penyebab spidometer tidak berputar disebabkan karena kabel kilometer terlalu panjang atau salah spare part, untuk mengatasi hal ini caranya cukup dengan memotong sedikit kabel kilometer. Ingat bro, yang dipotong kawat kabel kilometer dan itupun hanya sedikit banget sekitar 2 milimeter. Usahakan kawat kabel kilometer yang dipotong pada bagaian paling bawah yang berdekatan dengan gearbox.

Gearbox dan Velg 

Gearbox adalah komponen yang berada divelg depan sebagai media penyalur putaran roda depan, dari gearbox perputaran roda akan disalurkan ke kebal kilometer. Gearbox berisi 2 buah gear, dimana gear – gear tersebut sering kali mengalami keausan / kerusakan, sehingga kabel kilometer tidak berputar. Untuk mengatasi kerusakan pada gear nanas pada gearbox solusinya bisa mengganti kedua gear tersebut, tapi biasanya hanya untuk part – part kw atau bukan original. Sementara untuk part origiinal harus mengganti gearbox spidometer, harganya biasanya dibandrol sekitar Rp 70 ribuan untuk part original. 

Spidometer Assy Rusak 

Nah, yang ini yang paling horor sebab kerusakan terjadi pada spidometer assy, untuk mengetahui kerusakan pada spidometer assy caranya cukuplah mudah bro… Dengan memutar kawat kebel kilometer yang posisi bagiuan bawah tidak dipasang dengan gearbox. Jika kawat tersebut diputar dengan menggunakan tangan, maka seharusnya spidometer bergerak, jika spidometer tidak bergerak sama sekali besar kemungkinan berasal dari spidometer assy.

Supaya lebih jelasnya tonton video dibawah ini, sampai selesai dan jangan lupa tinggalkan komen, like dan subcribenya ya bro…





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar