Biaya Memperbaiki Honda Vario 125, yang Kehabisan Oli Mesin

Sejeworks - salam oprex dan salam satu asphal, setelah sekian lama tidak update, akhirnya bisa juga update diblog otomotif ini. Kali ini kita akan ngomongin motor Vario 125 yang Ngejim atau ceket karena kehabisan oli mesin. Oli mesin yang habis biasanya disebabkan karena jarak yang lama periode pengganti oli mesin, selain itu penyebab lainnya bisa berasal karena mesin ngebul putih. Sebelum kita bahas sampai lebih jauh lagi, gua minta bantuan Lo supaya bantu channel dan blog ini dengan cara meninggalkan jejak dengan komen, like, share dan subscribe nya pada channel YouTube kami, yaitu Sejeworks Channel. Nah, supay lebih jelasnya langsung saja cekidot ya bro..

 
Kebetulan pada Video dibawah ini, Honda Vario 125 old ini mengalami ceket / Ngejim, penyebabnya karena kehabisan oli mesin dan sebelumnya kondisi motor sudah ngebul. Owner dari motor tersebut sudah tahu bahwa motornya telah ngebul, sehingga Honda Vario 125 tersebut melakukan penggantian oli mesin setiap sebulan sekali. Untuk menunda penggantian part pada mesin, ya itung-itung solusi sementara, sampai punya duit untuk memperbaiki penyebab mesin ngebul tersebut.



Tapi, apa mau dikata bro, Honda Vario 125 tersebut malah lebih dahulu Ngejim, nah kalau sudah begini ngga ada solusi lain dari overhoul mesin / turun mesin. Perlu diingat ya bro, kondisi piston yang ngejim adalah kondisi parah jika dibandingkan dengan piston mbaret dan ngebul. Jika motor ngebul putih terkadang masih bisa dihidupkan sementara jika piston ceket, motor tidak akan bisa dihidupkan sama sekali. Kondisi piston akan mbaret parah, cylinder comp akan tergerus dalam, kemudian piston tidak bisa bergerak naik turun.

Untuk memperbaiki motor Vario 125 old yang ngejim harus dilakukan penggantian piston kit bisa oversize atau tetap memakai piston standar (0 / nol) bawaan Vario 125 yang mempunyai diameter 52,4 mm. Sementara jika memakai piston standar yang oversize akan menambah diameter piston menjadi lebih besar maksimal 1 mm, jadi totalnya diameter piston menjadi 53,4 mm. Jadi ada beberapa pilihan untuk masalah ukuran piston yang digunakan, kembali lagi keputusan ada ditangan lo bro.

Jika menggunakan piston 0 (nol) bawaan motor harus mengganti cylinder comp yang harganya dibanderol sekitar 250, sebaliknya jika menggunakan piston oversize harus melakukan korter (memperbesar diameter cylinder bore). Jika dihitung – hitung lebih hemat menggunakan piston oversize dan mengkorter diameter cylinder bore, tapi hal ini melihat seberapa dalamnya goresan / lecet pada cylinder bore, dan ukuran piston yang yang ngejim tersebut.

Setelah masalah ukuran piston selesai maka masalah berikut menentukan perlu tidaknya penggantian stang seher, jika pen piston berhasil dilepas maka tidak perlu melakukan penggantian stang seher. Tapi jika pen piston tidak bisa dilepas maka harus mengganti stang seher, harga stang seher dijual dengan harga yang bervariasi. Ayo ini tergantung merk dan jenis stang seher yang digunakan. Jika menggunakan stang seher Assy / kruk as Assy maka harganya dijual sekitar 500 rupiah belum termasuk 1 bearing sebelah kiri. 

Selanjutnya jika kita menggunakan stang seher pretelan yang dijual sekitar 250 ribuan, belum termasuk 2 bearing kruk as dan ongkos bongkar pasang stang seher.
Kebetulan pada motor Honda Vario 125 old dibawah ini kita hanya mengganti piston oversize 100, tanpa harus mengganti stang seher Assy ataupun stang seher pretelan. Berikut estmasi pekerjaan dan penggantian part motor Honda Vario 125 old yang kehabisan oli mesin :

Biaya Honda Vario 125 yang Kehabisan Oli Mesin


Piston kit Original Vario 125 Kwn oversize 100 yaitu Rp 150 ribu.
Korter Cylinder bore sekitar Rp 50 ribu.
Paking Head cylinder sekitar Rp 35 ribu.
Paking Cylinder Comp sekitar Rp 35 ribu.
Seal Klep sekitar Rp 20 ribu.
Seal CVT depan sekitar Rp 15 ribu.
Seal tutup klep sekitar Rp 40 ribu.
Oli mesin Rp 45 ribu.
Coolant Rp 25 ribu.
Ongkos bongkar pasang sekitar Rp 350 ribu.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa, bantu blog dan channel ini supaya bisa bertahan serta berkembang menjadi lebih baik lagi. Ditunggu like, komen, share dan subscribe terlebih dahulu ya bro. Ini






Akhir kata dari gua, tetap keep riding no arogan serta hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu..

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Motor saya keluar asap putih dari kenalpot mas kira kira apa ya penyebabnya dan apa yang harus segera saya lakukan sebelum jadi parah

    BalasHapus