Honda CBR250RR Overheating Panas Banget ? Coolant Habis

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kasus Honda CBR250RR yang overheating sering kali terdengar, terutama bagi para biker's motor rakitan AHM di plant Purwakarta. Motor yang dibekali mesin 250 CC dengan 2 piston sejajar ini terbilang canggih dan kencang, jika dibandingkan dengan pesaingnya dengan kelas yang sama, ya walaupun pesaing barunya dari genk ijo telah mengeluarkan jagoan baru Ninja 250 4 silinder (ZX 25R). Tapi untuk kali ini kita akan membahas CBR250RR yang overheating ya bro, bukan membandingkan kedua motor ini. Sebelum kita bahas sampai selesai, gua minta bantuannya untuk subscribe pada blog dan channel sejeworks, jangan lupa tinggalkan komen, like dan sharenya.

 
Kebetulan pada video dibawah ini motor Honda CBR250RR mengalami overheating saat perjalan dari Bandung – Jakarta, pada perjalan tersebut ternyata menyimpan banyak sekali mulai dari lampu indikator merah di spidometer menyala, mesin motor terasa sangat panas dan kadang kala berhenti selama 40 menit untuk mendinginkan mesin motor tersebut. Tidak hanya itu saja bro yang dilakukan, Aqua yang seharusnya diminum malah diguyur ke mesin. Sebenarnya ada niatan ke bengkel motor terdekat, tapi karena perjalanan yang dilakukan biker’s ini pada malam hari, ya .... Mau bagaimana lagi ? bersabar sampai mesin dingin menjadi pilihan biker’s tersebut, ya... Itung – itung merebahkan badan selama perjalanan.

Nah, sekelumit cerita diatas merupakan curhatan dari biker’s Honda CBR250RR yang kebetulan mengalami overheating. Pada akhirnya motor tersebut dibawa ke bengkel dan kebetulannya lagi gua yang handel, jadi langsung saja kita sikat... Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek kondisi air radiator, dan benar bro.... Air radiator atau coolant motor tersebut habis, padahal 2 mingguan sebelum kondisi coolant masih banyak. ET... Kok gua tahu ??? Ya... Iyalah bro, la wong motor ini 2 minggu kemarin gua yang nyervis he.... He...

Setelah mengetahui coolant ternyata habis tidak tersisa sedikitpun di reservoir (tangki cadangan), maka naluri detektif solutif yang nongol. Ada banyak kemungkinan yang bisa membuat motor CBR250RR overheating dan air radiator / coolant habis, penyebabnya bisa mulai dari kipas radiator tidak muter, termostat rusak, tutup radiator rusak, cylinder bore melengkung dan masih banyak lagi. Untuk menjawab banyak kemungkinan tersebut, kita akan melakukan pengecekan dari hal yang paling mudah. Yaitu mengecek kipas radiator mati atau bisa berputar, untuk mengecek kondisi kipas radiator harus dilakukan dengan cara melepaskan kipas dari radiator. Kemudian menjumper / menyambung langsung kipas dengan aki / accu, jika kipas tersebut berputar maka kerusakan bukan berasal dari kipas tersebut. Tapi jika kipas tidak berputar, maka bisa dipastikan kerusakan berasal dari kipas tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini dan jangan lupa untuk subscribe blog dan channel ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.






Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex selalu.

Posting Komentar

0 Komentar