Penyebab Suara Kasar Pada Honda PCX150 Lokal, Vario 125 dan Vario 150 Remote

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, sepeda motor yang suaranya tiba – tiba menjadi kasar sering kali membuat risih dan khawatir bagi biker’s. Tapi nyatanya ada banyak faktor yang membuat suara mesin menjadi kasar, apalagi untuk motor – motor matic yang sedang ngetrand saat ini. Kontruksi mesin matic yang langsung menggandeng sistem penggeraknya (CVT), membuat mesin matic terlihat lebih besar dari motor – motor bebek dan sport. Kenyataannya mesin motor bebek dan motorsport atau batangan yang lebih rumit komponen didalamnya, jika mesin motor matic berisi kruk as, magnet, pompa oli, keteng, tensioner, dan part – part lainnya didalam head cylinder. Sementara motor bebek dan motor sport terdapat part – part lainnya seperti sistem kopling dan sistem transmisi, dari sedikit perbedaan kontruksi tersebut maka ada perbedaan jika suara mesin kasar atau abnormal.

Kesempatan kali ini kita akan ngomongin penyebab suara kasar pada motor matic Honda PCX 150 Lokal, Vario 125 terbaru dan Vario 150 remote, penyebab suara mesin dan CVT yang kasar pada motor matic sebenarnya hampir sama pada setiap motor. Tapi kita akan mengambil masalah yang paling sering terjadi pada motor – motor tersebut, sebab dari ketiga motor tersebut termasuk motor matic yang masih anget atau masih baru. 

Penyebab CVT Motor PCX 150 Lokal, Vario 125 & Vario 150 Remote Suaranya Kasar


Penyebab suara kasar pada motor – motor matic tersebut sering kali disebabkan karena driven face atau pulley belakang, untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan dua cara bro. Yang pertama mengganti driven face, tapi kalian harus tahu harga driven face ketiga motor tersebut sekitar 250 – 300 ribu rupiah. Belum termasuk ongkos kerja, penggantian grease dan seal driven face, sedangkan untuk cara keduanya kita cukup mengganti bearing bambu 20X29X18 dan bearing 6200. Untuk mengganti kedua bearing tersebut lo cukup merogoh saku sekitar 50 – 100 ribu rupiah, kenapa gua kasih jarak 50 sampai 100 ?. Sebab dipasaran ada banyak sekali jenis bearing bambu yang tersedia dengan bentuk yang sama tapi bungkus yang sedikit berbeda.

Bungkus yang sama – sama pakai logo Honda tapi terkadang ada 1 bungkus yang berisi 2 bearing dan ada yang dijula terpisah, mengenai harga sangat bervariatif bro… Tapi yang masih menjadi masalah dan pertanyaan yaitu cara mengetahui bearing bambu yang asli dan bearing bambu aspal (asli tapi palsu). Jujur saja ya bro.. para pemasok barang – barang CKD sekarang sudah tidak asal – asalan lagi membuat kemasan yang alakadarnya. Jadi antara barang original dan barang aspal hampir tidak ada perbedaan, tapi kalau lo takut beli part – part CKD, bisa dengan membeli driven face dibengkel resmi.

Keuntungan mengganti langsung driven face dari ketiga motor tersebut yaitu kedua bearing sudah berada di dalam driven face, dan kualitasnya standar pabrikan. Cuman ya itu bro, lumayan mahal, tapi jika lo lebih memilih mengganti bearing bambu maka resikonya saat memasang bearing bambu tersebut. Sebab untuk bongkar dan pasang bearing bambu dilakukan dengan proses getok menggunakan palu. Jika menggetok bearing bambu asal – asalan malah akan membuat bearing bambu tersebut tambah rusak dan ancur.

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu asphal selalu, wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar