Segera Perbaiki Lampu Check Engine Motor Injeksi Menyala dan Berkedip – Kedip Terus

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, lampu check engine pada umumnya terdapat pada motor – motor injeksi, entah merk Yamaha, Honda, Suzuki, KTM, Kawasaki dan masih banyak lagi. Lampu check engine atau biasa disebut dengan lampu MIL, adalah lampu yang terdapat pada indikator spidometer yang warna kuning dengan symbol mesin. Pada kondisi normal lampu check engine akan menyala beberapa detik saat kunci kontak pada posisi On, kemudian lampu akan mati. Sedangkan kondisi abnormalnya, saat kunci kontak On lampu akan berkedip – kedip, dengan pola kedipan yang berbeda – beda tergantu letak keruskan pada sistem injeksi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas penyebab lampu check engine yang menyala dan berkedip – kedip, tapi kita tidak akan membahasnya secara umum atau tidak terlalu mendetail. Sebab penyebab lampu check engine yang berkedip ada banyak sekali, mulai dari sensor injektor yang rusak, sensor suhu, sensor MAP, sensor TP, sensor O2 dan masih banyak lagi. Jadi secara prinsip kerja sensor – sensor pada motor injeksi akan memberi data lewat besarnya arus listrik yang terbaca ke ECU / ECM. Kemudian ECU akan mengkoreksi sesuai input data tersebut, jika ada kesalahan pada tengan input dan output ECU, maka ECU akan memberitahunya lewat lampu check engine. Tapi sebelum kita menjudge salah satu sensor motor injesksi rusak, kita cari tahu terlebih dahulu penyebab lampu check engine ada banyak sekali, nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot..

Penyebab Lampu Chcek Engine Motor Injeksi Menyala Terus


Soketan Kendor

Soketan kendor pada senssor – sensor injeksi merupakan penyebab yang paling ringan jika lampu check engine motor injeksi berkedip – kedip. Penyebab soketan kendor biasanya karena saat pemasangan soketan tidak pas dan bunyi clik sampai soketan terkunci, selain itu soketan yang rusak juga sering kali menjadi masalah lampu check engine yang menyala.

Soketan Kotor dan Terdapat Air

Sepeda motor yang cover bodynya sudah tidak sesuai standar, jika terkena banjir dan air hujan akan lebih beresiko terjadinya hubungan arus pendek. Penyebabnya karena terdapat air pada sambungan / soketan kabel yang membuat 2 jalur kabel saling bersentuhan, satu sama lain. Memang korsleting yang diakibatkan karena air tidak terlalu beresiko, jika dibandingkan dengan korsleting yang disebabkan karena kabel body yang berhubungan langsung kabel body lainnya ataupun dengan sasis / rangka body.
 

Jalur Kabel Sensor Terputus

Sering kali kabel body dari sensor – sonsor motor injeksi terputus, sehingga lampu check engine menyala berkedip – kedip terus. Penyebab putusnya kabel body tersebut biasanya disebabkan karena tikus dan gesekan pada kabel dengan rangka body ataupun dengan crank case. Masalah seperti ini sebenarnya sudah sangat lumrah terjadi pada kendaraan bermotor, untuk menghindari serangan dari gigitan tikus, kita bisa menaruh kamper dan wangi – wangian pada setiap kolong sepeda motor.

Jika yang terjadi hanya kabel yang terputus sebenarnya tidak terlalu parah, tapi jika sampai kebel yang terputus saling bersentuhan. Maka bisa dipastikan akan terjadi korsleting, kalau lagi beruntung hanya memutus sekring / fuse saja, tapi efek yang paling parah yaitu ECU / ECM rusak.  

Sensor Rusak

Sensor – sensor injeksi yang rusak akan memberi sinyal yang tidak sesuai dengan kondisi  sebenarnya pada motor tersebut, ambil contoh saat masih pagi dan mesin kondisi dingin. Seharusnya sensor suhu sepeda motor akan membaca suhu mesin sekitar 40 derajat celcius, tapi jika sensor tersebut membaca suhu mesin diatas 100 derat saat kondisi mesin masih dingin dan baru dihidupkan. Maka kemungkinan besar sensor suhu telah mengalami kerusakan, untuk mengetahui sensor tersebut rusak atau tidak bisa dengan mengukur hambatan sesnor tersebut.  

ECM atau ECU Rusak

ECU atau ECM adalah komputer / otak dari motor injeksi, jika komputer sepeda motor ini rusak maka sepda motor akan mempunyai banyak kendala. Seperti motor brebet, bensin boros, semua sistem kelistrikan dalam kondisi mati dan masih banyak lagi kerusakan yang akan terjadi.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like, share dan subscribenya.



Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. wor… wor...     

Posting Komentar

1 Komentar