Cara Ganti Kampas Rem Depan Yamaha Jupiter MX 135, Vixion, R15 dan Xabre

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, setelah sekian lama menghilang dari dunia persilatan blog akhirnya bisa nongol kembali. Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin cara mengganti kampas rem depan pada sepeda motor Yamaha Jupiter MX, Xabre, Vixion dan R15. Kenapa banyak benget motornya om, sebab kampas rem depan motor tersebut bisa saling subtitusi atau saling pinjam satu sama lain, jadi intinya kampas rem depannya sama. Sebelum kita bahas sampai detail, gua mau minta bantuan lo semua, agar lo semua mendukung dan membantu gua dengan cara like, komen dan sharenya pada video dibawah artikel ini ya bro..

Sebelum kita melakukan penggantian kampas rem tersebut, maka siapkan terlebih dahulu peralatan dan spare partnya ya bro.. peralatan yang disiapkan diantaranya, kunci Lbintang 8, tang biasa, tang sirklip ex, lap dan amplas. Sedangkan untuk spare partnya lo bisa membelinya dibengkel resmi Yamaha atau bengkel umum, masalah harga sangat bervariatif ya bro. Antara part original dengan part KW / biasa, kampas original biasanya dibandrol sekitar 50 ribuan untuk spare partnya saja. Sedangkan kampas rem KW / biasa dibandrol sekitar 15.000 – 20.000 rupiah, belum termasuk ongkos pasang ya bro.

Cara Mengganti Kampas Rem Yamaha Jupiter MX 135 dan Vixion

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengganti kampas rem depan Yamaha Jupiter MX 135 dan Vixion, yaitu melepas baud bintang yang menempel pada buttum shock dan braket  caliper rem.

Cara melepasnya dengan menggunakan kunci L bintang 8 atau kuncii L bintang ukuran T60.

Setelah itu lepaskan clip pengunci yang terdapat pada batang stopper kampas rem, untuk melepas clip pengunci tersebut bisa menggunakan tang biasa. Cara melepas clip pengunci, cukup ditarik dengan menggunakan tang biasa tersebut.

Maka kampas rem depan sisi dalam akan terjatuh dengan sendirinya, sementara untuk melepas kampas rem sisi terluar. Caranya cukup memutar kampas rem tersebut keatas, kemudian menariknya keluar dari braket rem cakram depan.

Kemudian dorong braket kaliper keluar, supaya braket kaliper bisa terlepas dari caliper rem. Jangan lupa bersihkan, amplas dan oleskan grease pada beraket kaliper,

Langkah selanjutnya memompa piston kaliper keluar dan membersihkan piston kaliper tersebut dari debu kotoran yang menempel pada piston rem tersebut. Untuk membersihkan piston kaliper bisa dengan menggunakan lap / majun, tapi sebelumnya gunakan sikat kawat terlebih dahulu.

Kemudian posisikan piston kaliper mentok dengan kaliper rem, caranya cukup menekan kedalam piston kaliper dengan menggunakan tang sirklip ex.

Setelah itu pasang kembali braket kaliper yang telah diolesi grease kedalam caliper rem / kepala babi.

Pasang kampas rem cakram depan pada sisi terluar dan perhatikan spring brake / tembaga kuningannya, sebab disitu terdapat batas posisi kampas rem terluar.

Kemudian pasang kampas rem pada sisi dalam, pasang juga stopper as rem dan jangan lupa pasang kawat pengunci pada as stopper. Ingat ya bro, posisi kawat pengunci jangan sampai tidak terpasang atau dipasang tapi asal – asalan, sebab bisa berakit kampas rem terlepas.

Langkah berikutnya pasang caliper rem depan ke buttom shockbreaker dan pasang baud bintang, jangan lupa kencangkan ya bro..

Nah biar lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa bantu gua dengan meninggalkan jejak dengan cara like, komen, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetap keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal selalu.
 
 
 

Komentar