Cara Memperbaiki Motor yang Kehabisan Oli Mesin, Honda Vario 110 Karburator

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, bongkar mesin total pada sepeda motor sering kali disebabkan karena hal – hal sepele, seperti motor kehabisan oli mesin. Kebiasaan menunda – bunda penggantian oli mesin menjadi faktor utama, selain itu piston / seher yang mbaret menjadi penyebab lainnya. Nah, kebetulan pada artikel kali ini kita akan ngomongin motor Honda Vario 110 karburator yang ngejim / ceket karet kehabisan oli mesin. Tapi sebelum kita bahas sampai selesai, gua minta bantuan lo, agar blog dan channel ini bisa bertahan dan berkembang. Caranya simpel banget bro, lo cuman tinggalkan jejak pada video dibawah ini, bisa komen, like, share dan subscribenya. Semisal ada pertanyaan silahkan komen pada video ya bro, jangan pada kolom komen di blog, supaya gua lebih gampang membalasnya.

Cara Memperbaiki Motor Kehabisan Oli Mesin

Motor yang kehabisan oli mesin akan mengakibatkan piston tidak bisa mengayun / bergerak keatas dan bawah, penyebab utamanya tidak ada pelumasan pada bagian pen piston dan piston. Kerusakan yang akan terlihat jika oli mesin habis, yaitu piston mbaret parah, boring cylinder lecet parah, pen piston tidak bisa dikeluarkan dari stang seher. Selain itu akan ada bekas lumpur dari oli mesin atau sisa oli mesin yang menempel pada crank case dan komponen mesin lainnya. Bekas oli mesin yang menempel pada crank case tersebut harus dibersihkan untuk menghindari jalur oli mesin yang mampet, sehingga saat mesin selesai dirakit dan diperbaiki, oli mesin bisa melumasi semia komponen mesin.


Fokus utama memperbaiki motor ngejim atau kehabisan oli mesin yaitu melepaskan piston dari pen piston, jika pen piston bisa terlepas maka tidak perlu mengganti stang seher (connecting rod). Tapi untuk melepaskan pen piston sangatlah susah, walaupun ada banyak cara yang digunakan para mekanik. Terkadang kalau lagi apes bro... Connecting rod / stang seher ikut mlintir, selain itu putaran kruk as terkadang tidak balance (seimbang).
Biaya Memperbaiki Motor Honda Vario 110 Karburator yang Kehabisan Oli Mesin

Estimasi perbaikan ini gua buat sesuai dengan HET (harga eceran tertinggi) yang dikeluarkan oleh AHM untuk motor Honda Vario 110 karburator. Jika kebetulan Lo mendapatkan harga yang relatif lebih murah silahkan dicek part yang digunakan after market atau malah barang serupa asli tapi ternyata palsu. Selain itu perbedaan lokasi bengkel akan sangat menentukan harga ongkos bongkar pasangnya, nah biar lebih jelasnya langsung saja cekidot bro...
Sparepart
Piston kit Vario 110 karburator Rp 130.000,
Paking Top Set Rp 60.000,
Stang Seher KVBT Rp 170.000,
Bearing Kruk as Kanan TMB 205Z / 56 CS Rp 80.000,
Bearing Kruk as Kiri TM-SC07A87CS42 Rp 80.000,
Ongkos Jasa
Bongkar pasang mesin total Rp 350.000,
Korter Rp 50.000,
Cantum Stang Rp 50.000,
Ok, silahkan total sendiri ya bro, tapi harus diingat ini estimasi sementara. Karena terkadang ada kerusakan part lain seperti keteng, lidah keteng, lifter tensioner dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya langsung saja tonton video ini sampai selesai dan jangan lupa untuk subscribe terlebih dahulu ya bro. Ya itung-itung Lo bantuin channel ini supaya bisa berkembang dan bertahan.





Akhir kata dari gua, keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex selalu. Jika ada pertanyaan silahkan komen pada video ya bro, agar gua lebih cepat responnya.

Posting Komentar

0 Komentar