Kampas Kopling Motor Matic Habis, Kenali Akibat, Ciri – Ciri dan Kapan Waktunya Ganti

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, setiap sepeda motor mempunyai kampas kopling yang berfungsi sebagai pemotong dan penyambung tenaga dari kruk as ke sistem transmisi. Yang menjadi perbedaan sistem kopling pada sepeda motor, yaitu jenis pelumasan kopling dan cara kerja dari kopling tersebut. Pada motor – motor bebek dan sport pabrikan jepang kebanyakan menggunakan kopling basah, sementara untuk motor matic menggunakan kopling kering. Nah untuk artikel kali ini kita akan fokus ngomongin kopling motor matic, mulai dari akibat kopling motor matic yang habis, ciri – ciri kampas kopling habis, kapan waktunya ganti kampas kopling. Ok bro, untuk mempersingkat waktu langsung saja, check it dot.

Ciri – Ciri Kampas Kopling Habis

Tarikan Motor Kurang
Yang dimaksud tarikan kurang disini bukan brebet, nyendat dan ngga ada tenaganya. Tapi lebih kepada tenaga motor yang kurang maksimal saat melakukan manufer atau ngebut, bahasa gampangnya. Kampas kopling yang sudah terkikis / habis lumayan susah untuk dirasakan, untuk mengetahui apakah kampas kopling telalah habis / terkikis. Jalan satu – satunya dengan membongkar CVT dan mangkok kopling, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro.  
 
Adanya Suara Dibagian CVT
Suara boise / abnormal pada bagian CVT, kadang membuat indikasi adanya kerusakan pada bagian kampas kopling. Caranya dengan memainkan gas atau menghentak – hentakan gas secara mendadak, jika kampas kopling telah hancur saat gas mendadak. Bagian CVT akan berbunyi dibarengi dengan suara noise / kasar dari dalam CVT.

Roda Belakang Tidak Berputar
Roda belakang yang terkunci atau tidak bisa berputar sama sekali, menjadi salah satu ciri – ciri kampas kopling yang rusak parah. Kerusakan seperti ini jarang terjadi, biasanya terjadi secara mendadak saat kondisi jalan basah dan macet parah. Penyebab kampas kopling rusak parah atau bisa dikatakn pecah, karena biker’s melakukan gas rem belakang secara bersamaan dan dalam jangka waktu yang lama.  

Akibat Kampas Kopling Matic Habis

Kampas kopling yang habis pada motor matic, jika dibiarkan saja tanpa adanya perbaikan dan penggantian part. Maka akan merembet ke mangkok kopling / outer clucth, kondisi mangkok kopling akan rusak pada sisi yang bersinggungan langsung dengan kampas kopling. Nah, biker’s tersebut melakukan penggantian kampas kopling tanpa mengganti mangkok kopling, maka usia pakai kampas kopling tidak lama seperti menggunakan mangkok kopling yang masih bagus.

Kapan Waktunya Ganti Kampas Kopling

Usia pakai kampas kopling motor matic sangatlah beragam, hal ini disebabkan karena cara pemakaian motor dan jarak tempuh motor tersebut. Tapi secara umumnya penggantian kampas kopling matic dilakukan saat motor memasuki 30.000 kilometer, atau sekitar 3 tahunan. Tapi bro, ada juga yang motornya bru 3.000 km atau sekitar 3 bulanan, kampas koplingnya sudah rusak parah, bahkan bisa dikatan hancur. Itu semua kembali lagi kepada style berkendara atau cara berkendara dari biker’s motor matic tersebut.

Supaya lebih jelasnya ya, tonton video dibawah ini dan jangan lupa tinggalkan jejak like, komen, share dan subscribenya ya bro… Ya itung – itung lo bantuin gua supaya channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.






Akhir kata dari gua, keep riding jaga jarak aman, selalu pakai masker, salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor…   

Posting Komentar

0 Komentar