Harga Serta Cara Ganti Kampas Rem Depan Honda Blade dan Revo

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, kampas rem depan sangatlah penting untuk keselamatan berkendara. Sistem pengereman akan membantu biker’s untuk mengurangi kecepatan saat kondisi tertentu, tanpa sistem pengereman sepeda motor akan nylonong / ngelos terus. Untuk mengganti kampas depan sepeda motor lumyan susah – susah gampang bro, yang gua maksud sini kendalanya ya bro… Seperti braket rem yang seret dan sususah dilepas, piston kaliper macet tidak bisa bergerak kebelakang, rem cakram menjadi ngelos dan rem depan menjadi seret saat selesai pemasangan. Masalah / trobel saat melakukan penggantian kampas rem cakram depan Honda Blade dan Revo, biasanya disebabkan karena kurang perawatan pada sistem pengereman tersebut. Masalah – masalah tersebut sebenarnya secara umum terjadi pada sepeda motor dengan sistem pengereman cakram lainnya. 



Jadi sebelum kita melakukan pemasangan kampas rem sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi minyak rem, apakah minyak terlalu penuh isinya atau malah tidak ada isisnya. Jika minyak rem terlalu penuh maka akan membuat kita kesusahan saat menekan piston kaliper. Sementara jika minyak rem takarannya kurang, akan membuat rem cakram menjadi ngempos atau ngelos. Untuk mengatasi dua hal ini harus dilakukan bleding minyak rem / kuras minyak rem, caranya silahkan cari pada artikel blog ini atau videonya pada sejeworks channel. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita eksekusi ya bro..

Cara Ganti Kampas Rem Depan Honda Blade dan Revo

Cara ini bisa dipakai untuk Honda Revo 110 karburator, Revo Fi, Blade 110 karburator, Blade 125 FI, Supra X 125 Helm in dan Supra X 125 injeksi terbaru. Sebelum kita mengganti kampas rem cakram depan motor tersebut, kita siapkan dahulu peralatannya bro. Seperti L bintang 6, tang biasa, tang sirklip ex, T8 dan majun / kain lap.

Langkah Pertam yang harus dilakukan yaitu menlepas baud stopper kampas rem dengan menggunakan kunci T 8 atau ring 8.

Setelah itu lepaskan baud L bintang yang terdapat pada braket caliper rem dan mengikat buttom shock depan, untuk melepas baud L bintang tersebut bisa menggunkan kunci L bintang 6 dan disambung dengan kunci T8. Supaya mendapatkan torsi yang kuat untuk memutar baud tersebut, atau menyambung kunci L bintang dengan pipa as shock.

Kemudian tarik kaliper atau kepala babi mundur kebelakang, maka dengan sendirinya kampas rem depan akan jatuh. Jika kaliper agak susah ditarik kebelakang, bisa digetok kebelakang dengan menggunakan gagang palu dan alat lainnya.

Setelah itu tarik breket rem ke arah belakang kaliper rem, kadang jika braket caliper rem tidak pernah dibersihkan dan dilumasi. Akan membuat breket caliper seret dan susah ditarik, nah jika kebetulan lo mengalami hal ini maka getok secara perlahan braket tersebut. Jika braket di getok terlalu keras kadang membuat braket menjadi bengkok dan akan membuat roda depan menjadi seret.

Selanjutnya dorong piston kaliper rem keluar dengan cara memompa rem depan secara perlahan ya bro, dan jangan sampai piston kaliper rem keluar dari braket kaliper. Sebab akan membuat masalah baru he… he… kalau lo bisa memperbaikinya ngga masalah,   

Kemudian dorong kedalam piston kaliper tadi dengan menggunkan kunci tang sirklip, ingat bro… harus benar – benar masuk ke dalam ya bro..

Dan pasang braket kaliper yang telah dibersihkan dan dilumasi grease atau cairan pelumas.

Langkah selanjutnya pasang kembali kampas rem depan dan pasang juga baud stopper pada bagian bawah kampas rem tersebut.

Jangan lupa pasang kembali baud bintang ke braket dan buttom shock depan. 

Nah, biar lebih jelasnya langsung saja tonton video dibawah ini ya bro, tapi jangan lupa bantu channel dan blog ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi dengan menekan tombol like, komen dan sharenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal selalu wor… wor..

Komentar