Sebelum Ganti Aki, Kenali Ciri – Ciri Serta Penyebab Aki Soak Pada Vario 125 & Vario 150

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, aki motor Honda Vario 125 dan Vario 150 soak atau ngedrop mendadak. Hal ini sering kali dikeluhkan para biker’s Honda Vario 125 dan Vario 150.   Ada banyak sekali penyebab aki motor soak, seperti sistem pengisian yang tidak bekerja secara maksimal, umur pemakaian aki, benturan dan guncangan pada aki / batrey.  Aki Honda Vario 125 dan Vario 150 dari generasi Vario 125 lama (lampu bohlam) sampai Vario remote generasi terbaru menggunakan aki GTZ6V atau YTZ6V. Kode awal G dan Y merupakan vendor pembuat aki atau batrey tersebut, bisa Yuasa batrey ataupun GS batrey. Dua merk tersebut kayaknya sudah ngga asing lagi bagi para biker’s semua, sebab pabrikan motor – motor jepang biasanya menggunakan 2 merk tersebut sebagai spare part original.

Pada kesempatan kali ini kita akan ngomongin aki motor Honda Vario 125 dan Vario 150, mulai dari berapa voltase dan amperenya, letak posisi aki Vario 125 serta Vario 150, posisi kiprok Vario 125 dan masih banyak lagi. Tapi sebelum kita ngomongin lebih detail lagi, gua mau minta bantuan lo semua bro, supaya subscribe, like, share dan komennya pada video dibawah ini ya bro.. agar blog dan channel ini bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.              

Letak Aki Vario 125 dan Vario 150 Terbaru

Posisi aki Vario 125 lama yang menggunakan bohlam biasa, terletak dibagian dasi depan atau diatas bohlam lampu depan tersebut. Semantara untuk Vario 125 LED, Vario 125 Remote, Vario 150 LED dan Vario 150 Remote, posisi akinya terletak dibagian bawah pijakan kaki. Sementara untuk jenis aki yang digunakan mempunyai voltase dan ampere yang sama.  

Aki Yuasa atau GS  Serta Berapa Volt / Tegangan Aki Motor Vario 125 serta Vario 150

Batrey atau aki untuk Honda Vario 125 dan Vario 150 menggunakan aki yang mempunyai voltase / tegangan 12 volt dan arus pengisian 5 ampere per jam. Untuk masalah harga aki motor  Honda Vario 125 dan Vario 150 injeksi dibandrol dengan harga sekitar Rp 275.000 -  300.000, tergantung merk dan toko yang menjualnya. Ingat aki motor Honda Vario 125 dan 150 menggunakan tipe aki kering yang mempunyai tegangan 12 volt 5 am/h. Memang dipasaran ada banyak sekal

Kiprok Vario 125 dan Vario 150

Posisi kiprok Vario 125 dan Vario 150 menyatu dengan ECU / ECM, hal ini bisa dilihat dari 3 kabel besar dari spul yang langsung menuju ke ECU. Fungsi kabel besar ini ada 2 yaitu sebagai sistem pengisian dan sebagai sistem elektrik starter. Saat  pertama motor dihidupkan dengan tombol starter, maka arus listrik dari aki akan masuk ke ECU. Dan ECU akan mengelirkan arus listrik ke kabel besar yang menuju ke spul, maka lilitan tembaga akan mempunyai medan magnet. Sehingga akan terjadi gaya tolak menolak dari lilitan tembaga dan magnet, gaya tolak menolak tersebut akan dimanfaatkan sebagai sumber tenaga untuk elektrik starter.

Jika motor Vario 125 dan Vario 150 sudah dalam posisi hidup, maka kabel besar dari spul akan berfungsi sebagai arus pengisian batrey / aki. Sehingga tegangan aki tidak cepat habis dan ngedrop saat motor digunakan untuk sehari – hari.  

Nah, untuk lebih jelasnya tonton langsung video dibawah ini ya bro… tapi jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribe ya bro… 




Akhir kata dari gua, selalu patuhi protokol kesehatan, pakai masker dan keep riding no arogan. Hormati para pejalan kaki dan salam oprex, salam satu asphal selalu..



  

Posting Komentar

0 Komentar