Soket Jalur Kabel CDI Honda BeAT Karbu dan Cara Menghilangkan Limiternya

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, CDI pada motor – motor karburator sangatlah vital untuk sistem pengapian. Tapi ada sedikit perbedaan pada Honda BeAT karburator, dimana CDI berfungsi sebagai sistem pengapian juga berfungsi untuk sistem eletrik starter / dobel starter. Jadi jalur CDI BeAT karburator mempunyai jalur yang lebih rumit jika dibandingkan dengan motor – motor karburator pada umumnya, ya walaupun masih banyak motor karburator lain yang lebih rumit jalur soket CDI nya. Tapi untuk kali ini kita akan lebih fokus ngomongin jalur soket CDI motor BeAT karburator, untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro. 

Warna dan Fungsi Kabel Jalur Soket CDI Honda BeAT karburator


Pada motor Honda BeAT mempunyai 2 warna soketan CDI, yaitu warna putih dan warna coklat. Selain itu ngga semau soketan tersebut berisi jalur kabel, ada 2 buah lubang soketan warna coklat yang tidak terisi jalur kabel. Nah untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot bro.. 

Soketan Warna Coklat

Biru / Kuning berasal dari spul pulser.

Kuning / Hijau adalah kebel arus positif yang berasal dari saklar / swit starter tangan.

Hijau / Putih berasal dari swit / saklar standar samping.

Hijau / Coklat berasal dari choke otomatis atau ABS (automatic by starter) yang terletak dikarburator.


Soketan Warna Putih


Merah / Hitam berasal kabel arus positif dari sekring 15 ampere / kunci kontak.

Hijau berasal dari masa body atau rangka alias sasis.

Kuning / Merah adalah kabel yang menuju relay starter / bendik.   

Hitam / Kuning adalah kabel arus posistif yang menuju koil.


Menghilangkan Limiter Honda Beat Karburator


Pada umumnya untuk menghilangkan limiter CDI honda BeAT karburator bisa menggunakan CDI racing, cara ini paling praktis tapi lumayan mengeluarkan dana untuk membeli CDI racing tersebut. Sebab harga CDI racing dibandrol dengan harga diatas Rp 350 ribu, bahkan bisa sampai Rp 500 ribu tergantung merk dan modelnya. Ada banyak merk yang membuat CDI racing untuk Honda BeAT karburator mulai dari BRT, REXTOR, Yuzaka, CHEETAH POWER dan masih banyak lagi. Jika mau memakai CDI original pabrikan bisa memakai CDI Shogun bagong / Shogun 110 generasi pertama, sebab CDI ini jenis unlimeter jadi bisa dibandingkan dengan CDI racing.




Cara murahnya bisa dengan memotong tonjolan magnet, tapi sebelumnya pertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini. Sebab ada banyak akibat yang terjadi saat memotong tonjolan magnet / pick up, mulai dari mesin cepat panas dan oli mesin cepat habis. Selain itu untuk mengembalikan kondisi pick up magnet yang telah dipotong tadi, bisa dilakukan dengan cara mengelas tonjolan pick tersebut. Tapi tetap saja motor akan terasa tidak enak dan terkadang berebet, jadi pikirkan dulu matang – matang jika lo mau memotong tonjolan pick up magnet.

Nah untuk lebih jelas mengenai jalur soketan CDI, tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.. 

Posting Komentar

1 Komentar