Ukuran Celah dan Cara Stel Klep Honda Vario 125 FI Lama, LED Serta Vario 150 LED

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, ukuran klep akan berubah seiring dengan jarak tempuh sepeda motor. Untuk mengatasi berubahnya ukuran celah klep maka perlu dilakukan penyetelan klep secara berkala, bagaimana kalau tidak pernah dilakukan penyetelan klep ?, apa akibatnya penyetelan klep yang seret dan longgar ?. Nah dari pertanyaan – pertanyan tersebut akan kita bahas satu persatu ya bro..  Tapi jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subcribnya pada blog dan cahnnel kami sejeworks channel, supaya blog dan channel youtube ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Ukuran Celah Klep Honda Vario 125 dan Vario 150

Menyetel celah klep asal – asalan tanpa menggunakan alat ukur fuller guage akan membuat hasil pekerjaan menjadi tidak maksimal, jadi tidak ada celah klep yang terlalu kencang ataupun celah klep terlalu kendor. Karena celah klep yang tidak pas akan membuat performa motor menjadi tidak karuan, seperti bahan bakar boros, tarikan berat, suara mesin noise / kasar dan masih banyak lagi. Berapa sih ukuran celah klep motor Honda Vario 125 lama, Vario 125 LED dan Vario 150 LED, untu klep in mempunyai celah sekitar 0,10 mm dengan batas kesalahan +/- 0,02 mm. Sedangkan celah klep ex sekitar 0,24 mm dengan batas kesalahan +/- 0,02 mm, jadi semua Vario dengan basic mesin KWN mempunyai celah stelan klep yang sama, antara in dan ex.

Cara Menyetel Celah Klep Honda Vario 125 dan Vario 150

Sebelum kita menyetel klep, gua mau ngasih tahu dulu resiko sebelum dan saat dilakukan penyetelan klep pada Honda Vario 125 dan Vario 150. Terutam untuk Vario 125 dan Vario 150 LED, yang jalur selang bensinnya lumayan menggangu saat melepas tutup head cylinder / tutup klep. Jika kebetulan motor lo Vario 125 dan Vario 150 LED, usahakan saat tutup cylinder terlepas dari head cylinder. Tidak usah dipaksa untuk taruh dilantai, karena posisi tutup head cylinder akan nabrak ke plat dudukan selang bensin. Sementara jika lo bisa melepas plat dudukan selang bensin tersebut tidak lah menjadi masalah yang besar, tapi akan menjadi masalah jika ternyata kunci T10 yang lo pakai ternyata meleset dan menabrak dudukan injektor. Sehingga dudukan injektor tersebut patah, hal seperti ini kadang terjadi saat melekukan penyetelan klep Vario 125 dan Vario 150 LED.



Untuk lebih jelasnya berikut urutan cara menyetel klep Honda Vario 125 dan Vario 150, langsung saja baca sampai selesai, kalau masih kurang jelas tonton video dibawah ini ya bro. Dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subcribenya ya bro… ya itung – itung lo bantuin blog dan cahnnel ini agar bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Urutan Menyetel Klep Honda Vario 125 dan Vario 150

Usahakan motor yang akan distel klepnya dalam kondisi dingin dengan suhu sekitar 40 drajat celcius, agar tidak ada baud yang slek dan kondisi klep tidak ada yang memuai karena suhu panas mesin.

Jika kondisi mesin motor dingin maka langkah pertama lepaskan jok dan cover body dibawah jok terlebih dahulu. 

Setelah itu gunakan kunci T10 untuk melepas 4 baud pada tutup klep / cover head cylinder, ingat saat mengendorkan baud harus secara silang agar tutup klep tidak melengking.

Langkah berikutnya posisikan piston dalam kondisi top kompresi, caranya dengan melakukan kick starter / slah tapi menggunakan tangan ya bro. Lakukan secara perlahan sampai kondisi piston berada pada posisi TOP kompresi, jika kebetulan motor Vario punya lo ngga ada selahannya / kick starter. Maka untuk mencari posisi Top kompresi harus  membuka blok CVT untuk memutar pulley depan dengan menggunakan tangan.

Selanjutnya ukur celah klep dengan menggunakan fuller guage, jika tidak ada fuller guage bisa menggunakan kaleng pocari atau minuman kaleng lainnya. Ukuran standar celah klep Honda Vario 125 dan Vario 150 yaitu 0,10 mm untuk klep in dan 0,25 mm untuk klep ex.

Kalau ngga punya fuller guage bisa menggunakan botol minuman kaleng bekas yang dipotong berbentuk persegi panjang seperti fuller guage pada umumnya.

Jika hasil ukur dengan standar kerenggangan klep yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan berbeda maka harus dilakukan penyetelan. 

Untuk menyetel klep Vario gunakan kunci ring 9 mm untuk mengendorkan dan mengancangkan mur pada stelan klep, sementara kunci L kapet untuk menahan baud stelan klep.

Nah, biar lebih jelanya tonton saja video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro…




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu. Wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar