Cara Memperbaiki Standar Tengah Vario 125 serta 150 yang Berat dan Macet Parah

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, standar tengah atau standar 2 sering kali mengalami masalah mulai dari dudukan standar patah, macet, keras dan masih banyak lagi. Kebetulan artikel kali ini kita akan ngomongin standar tengah Honda Vario 125 dan Vario 150, jadi kalau motor lo Honda Vario 125 dan Vario 150. Baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton videonya pada bagian bawah artikel ini ya bro… tapi jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro. Ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini bisa berkembang menjadi lebih baik lagi, ok langsung saja check it dot ya bro..

Penyebab dan Cara Melepas Standar Tengah Seret Macet Parah Pada Vario 125 & 150

Sebenarnya penyebab standar tengah macet atau seret pada motor Honda Vario 125 dan 150, yaitu karat yang menempel pada as dan standar tengah. Karat ini disebabkan karena air yang masuk kesela – sela standar tengah dan ditambah lagi standar tengah tersebut tidak pernah digunakan sama sekali. Maka as dan standar tengah akan menjadi seret, macet dan tidak bisa digunakan sama sekali. Untuk mengatasi hal ini ada 2 cara bro yaitu mengganti standar tengah baru dan melepas standar tengah dengan cara memanaskannya.



Dari 2 cara diatas, kebanyakan para biker akan mencoba melepaskan standar tengah Vario 125 dan Vario 150 yang macet. Perlu diingat ya bro melepas standar tengah yang macet akan berbeda triknya dengan melepas standar tengah yang normal (bisa digerakan). Jika standar tengah yang normal, kita hanya perlu melepas pegas / peer standar dan pengunci as  standar dari sebelah kanan dekat dengan knalpot. Setelah itu kita getok pakai besi panjang yang diamaternya sama dengan as standar 2 tersebut, kondisi normal as standar dua akan terlepas. Tapi kalau standar tengah tersebut macet harus menggunakan trik khusus. Cara tersebut bisa menggunakan gas catride, bor ataupun gerinda. Setiap mekanik menggunakan cara yang berbeda – beda untuk melepas standar tengah yang macet. Tapi tujuannya tetap sama yaitu melepas standar tengah dan bukan mematahkan crankcase / dudukan standar tengah.  

Cara yang paling aman untuk mengatasi standar tengah yang macet pad Honda Vario 125 dan 150, yaitu dengan mengganti standar tengah dan as standar baru. Tapi biasnya para biker jarang memilih cara ini, ya karena harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli as standar tengah dan standa tengah tersebut. Padahal jika dhitung – hitung dengan menbandingkan resiko menggetok as standar tengah yang macet, mengganti as dan standar tengah tersebut lebih aman dan lebih murah. Tapi ya apa mua dikata bro, penyesalan biasanya akan datang pada akhir kejadian.

Dudukan Standar Tengah Vario 125 dan Vario 150 Patah

Perlu diketahui dudukan standar tengah motor matic langsung menempel ke crankcase atau bak mesin yang dilapisi collar / bosh, berbeda dengan motor bebek dan sport yang posisi dudukan standar tengahnya menempel ke sasis / rangka. Semisal standar tengah motor bebek dan sport mecet parah tidak bisa digerakan sama sekali, bisa langsung menggetok as standar tengah tersebut. Tanpa memikirkan crankcase pecah dan gompal, kalau dudukan standar tengah Honda Vario pecah maka solusinya dengan melakukan las babet. Tapi harus dilakukan bongkar mesin total terlebih dahulu, kemudian menambal crankcase yang pecah tersebut. Biaya untuk melakukan las babet bisanya dibandrol sekitar Rp 120 ribuan, belum ongkos bongkar pasang mesin ya bro…

Nah untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dibawah ini ya bro, tapi jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro… ya itung – itung lo bantuin channel ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.





Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal selalu.

Posting Komentar

0 Komentar