Ganti Oli Gardan Vario 125 dan Vario 150, Kenali Efek Oli Gardan yang Habis

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, bagi para biker yang tunggangannya memakai motor matic pasti ngga asing mendengar kata oli gardan. Tapi bukan oli gardan mobil ya bro, sebab blog dan channel ini fokus ke sepeda motor he.. he… Oli gardan pada sepeda motor hanya terdapat pada motor matic dan motor roda tiga, sejenis Viar Karya 200, Tossa Pico 150 dan masih banyak lagi. Tapi kali ini kita kan lebih fokus ngomongin oli gardan pada motor – motor matic ya bro, terutama oli gardan motor Honda Vario 125, Vario 150, PCX 150, BeAT dan masih banyak lagi Takaran oli gardan pada motor – motor matic Honda sekitar 120 ml dengan jangka waktu penggantian setiap kilometer 8.000 atau setiap 8 bulan sekali, dalam catatan kondisi oli gardan dan motor tidak ada masalah.



Yang dimaksud tidak ada masalah pada penjelasan diatas, yaitu kondisi oli gardan tidak rembes, tidak melakukan penggantain bearing serta gear rasio, oli gardan tidak bercampur dengan air dan motor tidak menerjang banjir. Jika kebetulan motor lo mengalami kendala, maka jangka waktu 8.000 km terlalu lama untuk melakukan penggantian oli gardan. 

Fungsi Oli Gardan

Oli gardan pada motor matic berfungsi sebagai pelumasan dan pendingin untuk komponen – komponenyang ada didalam transmisi atau gardan motor matic. Kenapa harus ada pelumasan ? sebab didalam gardan matic berisi part – part yang bergerak seperti bearing dan gear rasio. Jika tidak ada pelumasan didalam gardan maka akan membuat bearing dan gear rasio menjadi cepat panas dan rusak (ambrol).   

Tempat Oli Gardan Honda Vario 

Pada motor matic tempat oli gardan berada dibelakang dan menyatu dengan gear roda belakang, tempat oli gardan juga sering disebut sebagai transmisi rasio. Untuk mengganti oli gardan pada motor – motor Honda Vario 125, Vario 150, BeAT, Scoopy dan PCX 150. Harus melepas 2 buah baud yang mempunyai ukuran 12 mm, baud bagian bawah untuk pembuangan sedangkan baud bagian atas sebagai tempat mengisis oli gardan tersebut. 

Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 dan Vario 150

Untuk mengganti oli gardan motor Honda Vario 125, Vario 150, BeAT, Scoopy dan PCX 150 membutuhkan kunci ukuran 12 mm, kunci tersebut bisa memakai kunci ring 12 mm atau kunci T12 mm. Usahakan tidak menggunakan kunci pas 12 mm, sebab kunci pas sering kali membuat kepala baud rusak dan lebih parah lagi jika menggunakan kunci – kunci murah dan jelek he… he...   

Gunakan kunci ring 12 mm atau kunci T12 mm untuk melepas baud 12 mm pada bagian bawah dan bagian atas, ingat diantara baud tersebut terdapat ring tembaga atau ring aluminium. 

Setelah kedua baud tersebut terlepas maka oli gardan akan mengalir / tumpah, untuk mempercepat aliran oli gardan bisa dengan memiringkan motor tersebut ke sebelah kiri.

Jika oli gardan sudah tidak menetes lagi, maka pasang baud 12 mm bagian bawah dan masukan oli gardan lewat lubang baud bagian atas.

Tekan botol oli gardan sampai oli gardan tersebut habis dan masuk kebagian transmisi.

Langkah terakhir pasang kembali baud 12 mm bagian atas.

Efek Kehabisan Oli Gardan

Oli gardan yang habis akan membuat suara motor matic menjadi kasar terutama pada bagian transmisi, suara kasar tersebut seperti suara ngorok pada bagian belakang CVT. Selain itu oli gardan yang habis akan membuat bearing transmisi cepat rusak dan pecah, gear – gear transmisi terkikis. Efek parah roda belakang akan terkunci tidak bergerak sama sekali, nah maka dari itu bro… lakukan penggantian oli gardan secara berkala.

Untuk lebih jelasnya mengenai efek oli kehabisan oli gardan, cara mengganti oli gardan honda vario dan posisi oli gardan matic. Silahkan tonton video dibawha ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subcribnya. Ya itung – itung lo bantuin channel ini supaya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal wor.. wor... 

Posting Komentar

0 Komentar