Penyakit serta Penyebab Honda BeAT Injeksi dan Scoopy Injeksi Mati Mendadak Saat Jalan

Sejework – Salam oprex dan salam satu asphal, motor mogok mendadak adalah hal yang sangat menjengkelkan bagi para biker’s. Bagaimana tidak saat kita berlomba dengan waktu, dengan setingan full gass dan full rem, e… malah motor tiba – tiba mogok mendadak. Padahal ngga ada angin, ngga ada hujan dan ngga ada kubangan air, tapi secara tiba – tiba motor mati mendadak saat jalan. Hal ini pasti dialami oleh semua biker’s yang mobilitasnya menggunakan sepeda motor, nah untuk kali ini kita akan fokus ngomongin motor yang mogok mendadak. Kebetulan yang akan kita bahas yaitu motor Honda BeAT ESP, BeAT ECO, Scoopy ESP, Scoopy Donat dan Vario 110 ESP, nah untuk lebih jelasnya langsung saja baca artikel ini sampai selesai dan tonton video dibawah ini supaya lebih jelasnya. Ok langsung saja check it dot ya bro... 

Secara garis besarnya ada banyak faktor yang membuat motor injeksi mogok secara mendadak, seperti faktor pengapian, pengkabutan bahan bakar (bensin) dan tekanan kompresi. Nah gua ulangin lagi, artikel untuk kali ini kita akan lebih fokus ngomongin penyakit atau kerusakan yang sering kali terjadi pada Honda BeAT ESP, Scoopy ESP, Vario 110 ESP, BeAT ECO dan Scoopy donat. Kerusakan ini sebenarnya sangatlah mudah untuk dicegah, tapi untuk memperbaikinya bisa memakan banyak duit. Ya parah – parahnya bisa habis 1,2 juta untuk memganti ECU / ECM, dan kadang ada yang sampai menghabiskan 2 ECU / ECM yang mati. 

Penyebab Motor BeAT Injeksi dan Scoopy Mati Mendadak

Honda BeAT injeksi dan teman - temannya yang terkadang mogok mendadak, sering kali disebabkan karena terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek. Asal korsleting tersebut karena gerakan mengayun saat motor melewati jalan berlubang ataupun jalan tidak rata. Kemudian kabel spul / CKP akan menggesek ke crankcase / blok mesin, gesekan ini akan terjadi dalam waktu yang lama sampai membuat kabel spul tersebut terkelupas. Kalau timbul pertanyaan berapa gesekan itu terjadi hingga menimbulkan korsleting. Maka jawabannya kita gebug rata saja ya bro, bisa 1 sampai 2 tahun, masalah korsleting akan muncul. Biasanya bekas gesekan tersebut akan terlihat pada kondisi crankcase yang menghitam pada bagian gesekan tersebut.

Dalam jangka pendek gesekan kabel spul dengan crankcase akan membuat lampu mil / lampu injeksi menjadi berkedip – kedip, kadang juga akan membuat motor menjadi suka mati – matian atau mogok secara mendadak. Jika tidak segera diperbaiki maka akan berefek pada ECU atau ECM yang menjadi rusak, dan jika ECU langsung diganti tanpa adanya perbaikan pada kabel yang korsleting tersebut. Akan menimbulkan ECU baru tersebut menjadi rusak, dengan kata lain tekor ECU sampai 2 kali.   

Untuk mencegah korsleting dari spul / sensor CKP sebenarnya sangatlah mudah, yaitu dengan menaikan sedikit kabel spul keatas sedikit. Caranya dengan mengikat kabel spul tersebut ke kabel gas atau filter udara, intinya kabel spul tersebut menjadi lebih tinggi dan tidak menempel pada crankcase. Nah, untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro, dan jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya ya bro..




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal. Wor… wor...


Posting Komentar

0 Komentar