Penyebab Kunci Kontak Sepeda Motor Rusak dan Susah Digunakan

Sejeworks – Salam oprex dan salam oprex, hampir semua motor menggunakan kunci kontak konvensional yang menggunakan anak kunci. Ya walaupun sekarang ini banyak sepeda motor yang menggunakan kunci kontak pintar atau smart keys, kunci kontak smart key ini mempunyai cara kerja yang lebih rumit dari kunci kontak konvesional atau model lama. Kunci kontak pintar / smart key mempunyai beberapa komponen seperti remote, knob (kunci kontak / rumah kunci), kabel body, SCU dan ECU, sedangkan untuk kunci kontak konvesional / model biasa hanya berisi anak kunci dan kunci kontak / rumah kunci.

Untuk artikel kali ini kita akan ngomongin kunci kontak konvensional / model lama yang mengalami masalah / kendala, seperti kunci kontak tidak masuk total, kunci kontak tidak bisa diputar, kunci kontak sering copot sendiri serta masih banyak lagi. Nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa tonton video dibawah ini ya bro dan jangan lupa tinggalkan jejak dengan komen, like, share dan subscribenya. 



Pada umumnya kunci kontak mengalami masalah / kendala saat motor telah menginjak umur 4 – 5 tahun pemakaian, sebenarnya hal ini tidak bisa dijadikan patokan. Karena ada banyak kasus yang umur motor baru 2 tahun sudah mulai mengalami kendala dari kunci kontak tersebut. Seperti kunci kontak doll atau susah saat digunakan untuk memutar anak kunci, hal sepele seperti ini kadang membuat kita ingin menangis sekencang – kencangnya, ya mirip – mirip sinetron adzab he… he… Tapi tenang bro, kita akan membahas kunci kontak yang dol / rusak ini dengan tempo secepat – cepatnya dan waktu selama lamanya, ok untuk lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro.

Penyebab Kunci Kontak Susah Digunakan  


Anak Kunci Kontak Bengkok

Sering kali para biker tidak sabaran saat akan menghidupkan sepeda motor, ya istilah kerennya terbirit – birit lah ya bro he… he.... Penginnya cepet – cepet motor hidup dan langsung tancap gas, tapi tidak memperhatikan apakah anak kunci kontak tersebut benar – benar masuk kedalam rumah kunci. Karena anak kunci kontak yang belum masuk kedalam rumah kunci, akan membuat anak kunci kontak susah digunakan dan bengkok. Kunci kontak yang susah digunakan untuk motor – motor yang masih baru (belum sampai 2 tahun), banyak yang disebabkan oleh anak kunci kontak yang bengkok. Maka dari itu hindari penggunan motor yang terburu – buru bro, slow bae lah ya bro...  

Untuk mengatasi hal ini dengan sangat murah dan mudah bro, caranya cukup meluruskan anak kunci kontak dengan tang atau menggetoknya dengan menggunakan palu. Usahakan saat menggetoknya dengan menggunakan palu, cari tatakan yang kuat dan lurus. Agar anak kunci kontak tidak bertambah bengkok. 

Anak Kunci Kontak Terkikis

Seiring termakan waktu pada bagian sisi pinggir anak kunci kontak akan mengalami pengikisan, hal ini ditandai dengan warna kuning ke emas – emasan pada bagian anak kunci tersebut. Bagian gerigi yang terkikis pada anak kunci kontak akan membuat anak kuci sering terlepas sendiri bahkan akan membuat geriri pada rumah kunci ikut terkikis juga. Yang akibatnya akan membuat rumah kunci doll atau rusak dan bisa menggunakan anak kunci dari motor – motor lain.

Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu melakukan duplikat kunci kontak dan mengganti kunci kontak assy. Semuanya tergantung dari biker, cara paling murah jelas menduplikat kunci kontak, biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 30.000, – Rp 50.000,. Sedangkan untuk mengganti kunci kontak assy harganya lumayan bervariasi tergantung ori tidaknya barang tersebut. 

Bekas Dibobol Maling

Sepeda motor yang gagal dibobol maling sering kali mengalami kerusakan pada rumah kunci kontak, hal ini disebabkan karena kunci T dari maling tersebut masuk dan merusak jalur anak kunci. Akibatnya anak kunci bawaan motor tidak bisa masuk sesuai jalur tersebut, untuk mengatasi hal ini jalan satu – satunya yaitu dengan mengganti kunci kontak assy.

Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro, dan jangan lupa subscribe ya bro. Ya itung – itung bantu channel dan blog sejeworks ini agar bisa bertahan dan berkembang menjadi lebih baik lagi.


Akhir kata dari gua, tetap safety riding dan keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu… wor .. wor.. 


Komentar