Penyebab LCD Spidometer Ngeblank Pada CBR150R LED, PCX 150 Lokal dan Vario 150 Remote

Sejeworks - Salam oprex dan salam satu asphal, spidometer assy adalah salah satu perangkat elektronik yang berfungsi untuk memberi signal bagi bikers, mulai dari indikator bensin, odometer, lampu sen, lampu dimer, trip dan masih banyak lagi. Spidometer assy yang ngeblank atau mati, tidak akan menampilkan signal – signal tersebut. Hal ini juga sering dialami oleh para pengguna Honda Vario 125, Vario 150 remote, CBR150R LED, CB150R LED, PCX 150 lokal dan masih bnyak lagi. Sebab dari motor – motor diatas menggunakan spidometer LED bukan spidometer analog konvensional. Spimoter jenis LED memang terbilang lebih ringkas, canggih, modern dan kumplit jika dibandingkan dengan spidometer analog konvesional. Maka dari itu harga spidometer assy LED lebih mahal jika dibandingkan dengan spidometer analog konvensional, Spidometer assy model LED biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 750 ribu – Rp 1 Jutaan.  

Penyebab LCD Spidometer Mati atau Blank

Pada umumnya LCD spidometer Vario 150 remote, PCX 150 dan CBR150R yang mati atau ngeblank disebabkan karena air yang masuk ke dalam spidometer tersebut. Memang ngga semua jenis motor yang disebutkan mengalami dampaknya secara langsung, biasanya sebelum spidometer mati total dan ngebleng. Pada bagian dalam mika spidometer terdapat butiran embun, yang biasanya menempel dibagian pinggir dari spidometer. Jika hal ini dibiarkan saja tanpa ada upaya untuk memperbaiki dan membersihkan spidometer dari embun tersebut. Maka bisa dipastikan embun air akan masuk dan menempel ke PCB spidometer, hingga akhirnya LCD spidometer menjadi ngeblang dan mati total. 

Cara Memperbaiki LCD Spidometer 

Untuk memperbaiki spidometer yang yang ngeblank lumayan susah – susah gampang bro, ya semuanya butuh keberuntungan. Sebab cara ini tidak bisa menjamin 100 persen berhasil, untuk memperbaiki spidometer Honda Vario 125, Vario 150, PCX 150 dan CBR150R LED. Kita harus melakukan pembongkaran pada spidometer yang ngeblank tersebut, saat pembongkaran spidometer harus hati – hati ya bro. Sebab bagian LCD and PCB spidometer hanya dihubungkan oleh beberapa kabel yang terlalu ngepres (tidak panjang). Setelah spidometer assy berhasil dibongkar, perhatikan bagian PCB. PCB spidometer yang ngeblank biasanya terdapat jamur yang berwarna hijau, jamur tersebut akan terlihat jelas menempel pada PCB. Sehingga arus listrik pada PCB spidometer tidak lancar, untuk mengatasi jamur tersebut. Kita bisa menggunakan carburator cleaner untuk membersihkan jamur, caranya cukup menyemprotkan carburator cleaner pada PCB yang terkena jamur. Lo bisa mendapatkan carburator cleaner di toko spare part motor ataupun mobil, harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000, tergantung merk.




Setelah PCB spidometer yang disemprot carburator cleaner terlihat kering, maka rakit dan pasang kembali spiomoter. Nah untuk lebih jelasnya tonton video dibawah ini ya bro, jangan lupa tinggalkan komen, like, share dan subscribenya. Ya itung – itung lo bantuin channel dan blog ini agar bisa bertahan serta berkembang menjadi lebih baik lagi.


On progres


Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki. Salam oprex dan salam satu asphal selalu wor… wor...

Posting Komentar

0 Komentar